E-CATALOG MELALUI PLATFORM IMOOJI: STUDI DESAIN PESAN DALAM MEDIA PROMOSI DIGITAL UMKM

M. Padli, Mastur Mastur, Agus Hadi Utama

Abstract


Melalui platform Imooji dengan pembuatan e-catalog diharapkan bisa untuk membantu dalam mempromosikan produk secara digital dengan menyebarluaskan melalui media sosial melalui konten yang dibuat dalam bentuk elektronik catalog dengan tujuan untuk menyapaikan pesan kepada konsumen dari desain yang dibuat praktis dan simple untuk menarik konsumen, dengan begitu akan sangat membantu mengatasi kendala promosi digital untuk UMKM yang terkendala dalam pembuatan desain untuk membuat melakukan kegiatan promosi digital. Platfom Imooji juga masih belum begitu dikenal pada saat ini, juga memang ditunjukan untuk membantu tranformasi UMKM untuk promosi digital. Tujuan Penelitian ini adalah untuk membantu dalam mengoptimalkan platform media digital secara efisien dan efektif dalan kegiatan promosi melalui e-catalog dengan tujuan sesuin desain pesan untuk menarik konsumen untuk membeli. Penulisan penelitian ini terkait: (1) Platform media digital seperti apa yang tepat untuk  membuat e-catalog dalam melakukan promosi digital; (2) Bagaimana Imooji bisa membantu dalam melakukan kegiatan promosi digital. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini ada studi pustaka untuk mencari data dari hasil pustaka, membaca dan mencatat terkait penelitian dilakukan sebagai data pendudukung. Hasil analisis kajian studi pustaka yang dilakukan  dari 11 pustaka penelitian terkait. Dari kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Imooji merupakan platfom yang cocok digunakan untuk pembuatan e-catalog dalam membantu promosi digital. 2) Imooji juga mudah dan praktis untuk digunakan dalam promosi digital. 3) Imooji juga lebih efektif dan efisien karna dalam bentuk website cloud computing. Dari hasil penelitian ini berharap untuk Platfom Imooji bisa meningkatkan dan memperbaiki kekurangan  pada platform Imooji. Juga bisa menjadi alternatif pembuatan e-katalog bagi wirausaha dan UMKM yang didukung pihak terkait seperti pemerintah, kampus, dan mahasiswa dalam membantu tranformasi pemasaran digital memanfaatkan teknologi optimal.

Keywords


E-Katalog; Platform Imooji; Desain Pesan; Media Promosi Digital; UMKM

Full Text:

PDF

References


Irawan, P. L. T., Prilianti, K. . R. & M., 2020. Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UKM) Melalui Implementasi E-Commerce di Kelurahan Tlogomas. Solma, 9(1), pp. 33-44.

Kusumadinata, A. A., Hasbiyah, D. & Cahyani, A., 2022. Social Media MarketingUKM Chika Furniture Melalui Instagram. Karimah Tauhid, 1(4), pp. 409-419.

Malik, R., Kusumadinata, A. A. & Hasbiyah, D., 2023. Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. Karimah Tauhid, 2(1), pp. 26-35.

Raharja, S. J. & Natari, S. U., 2021. Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April, 4(1), pp. 108-123.

Rahmattullah, M. et al., 2022. Pendampingan Pembuatan Imooji sebagai Media Promosi Digital bagi Usaha Kecil di Kota Banjarmasin. Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyaraka, 6(1), pp. 1-6.

Yurisma, D. Y. & Prasetya, A. J., 2021. Pengenalan Desain Komunikasi Visual Dan Animasi Dalam Dunia Industri Untuk Pelajar Sekolah Menengah Atas. Tekmologi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 34-40.

Bisri, C. et al., 2023. Analisis dan Desain Aplikasi Penjualan Bagi UMKM Berbasis Cloud Computing. Juktisi, Februari, 1(3), pp. 185-191.

D. G. T., Sompie, S. R. U. A. & B. A. S., 2018. Virtual Tour Sebagai Media Promosi Interaktif Penginapan Di Kepulauan Bunaken. E-Journal Teknik Informati, 13(1), pp. 14-22.

Effendy, A. A. & Sunarsi, D., 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM Dan Efektivitas Promosi Melalui Online Di Kota Tangerang Selatan. JIMEA|Jurnal Ilmiah MEA, 4(3), pp. 702-714.

Fauziah, G. H., Mansur, H. & M., 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Media Fotografi. Journal of Instructional Technology, Januari, 2(1), pp. 32-39.

Hanum, L., Kemala Sari, R. I. . I., Hendriani, R. & Fitrianti, S., 2021. Pelatihan Aplikasi Sarana Pemasaran Online Imooji Untuk Mitra Produk Gusereen di Masa Pandemi Covid-19. Agrokreatif, November, 7(3), pp. 201-208.

Hasan, M. et al., 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Kuliah Koperasi Dan UMKM. Journal of Instructional Technology, Januari, 4(1), pp. 82-90.

Hidayat, W., Mahmuriyah, R. & Safitri, S. N. R., 2016. Media Visual Berbentuk Katalog Produk Sebagai Media Promosi. Jurnal Sensi, Agustus, 2(2), pp. 184-197.

Istanti, E. & Sanusi, R., 2020. Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan umkm di desa kedungrejo, kecamatan jabon, sidoarjo. Komunikasi Profisional, Desember, 4(2), pp. 176-187.

Juwita, R., 2017. Media Sosial Dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Penelitian Komunikasi, Juli, 20(1), pp. 47-60.

Kartiningrum, E. D., 2015. Lembaga Penelitian Dan Pengamdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit Mojokerto.

Khan, L. A. & Kurniawati, I., 2022. STRATEGI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN IKM TS ALUMUNIUM. Aptekmas, 5(4), pp. 1-6.

Mansur, H. et al., 2021. Karya Tulis Ilmiah. Banjarmasin: Nizamia Learning Center.

Mansur, H. & Utama, A. H., 2021. Evaluasi Pemilihan Media Pembelajaran yang Tepat Di Sekolah Menengah Pertama. Media dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1), pp. 17-15.

Mansur, H., Utama, A. H. & M., 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kompoter (PBK) Menggunakan Aplikasi Prezi. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4(3), pp. 566-569.

Masdiantini, P. R., Sari Dewi, G. A. K. R., Devi, S. & Sari, P. N., 2022. Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Digital Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Pada Kelompok PKK Desa Baktiseraga. Senadimas Undiksha , pp. 1036-1049.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I. & Siregar, M. I., 2021. Peningkatan Daya Saing UMKM Di Era New Normal Melalui Strategi Pembuatan Konten Promosi Digital. Abdimas Musi Charitas, 5(2), pp. 62-70.

Ode, S. & Tambun, Y. A. M., 2022. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Tahun 2021. Journal Of Goverment, 7(2).

Putra Patty, A. D., M. R. & Pratiwi, N. M., 2023. Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Tiktok Dalam Membangun Brand Image Rolag Cafe Surabaya. SEMAKOM, 1(1), pp. 1-9.

R. et al., 2023. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Dalam Peranan Sebagai Sarana Komunikasi Dan Promosi Produk. Cafetaria, 4(1), pp. 98-105.

Salim, A., Mansur, H. & Utama, A. H., 2020. EVALUASI KETEPATAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 20(1), pp. 102-116.

Salim, A. & Utama, A. H., 2020. Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 6(2), pp. 71-78.

Sari Dewi, G. A. K. R., Dew, N. W. Y. & Wahyuni, M. A., 2021. Strategi Peningkatan Profitabilitas Dengan Financial Technologi Dan E-Catalog Imooji Pada UMKM Di Kecamatan Buleleng. Seminar Nasional Pengambdian Kepada Masyarakat ke 6 tahun 2021, Volume 6, pp. 1148-1155.

Setiawan, A., Mansur, H. & M., 2020. Pengembangan E-Learning Academiana Berbasis Moodle Untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Instructional Technology, Januari, 1(1), pp. 13-19.

Tresnawati, Y. & Prasetyo, K., 2018. Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner kika’s Catering di Media Sosial. PRofesi Humas, 3(1), pp. 102-119.

Trisnawati, Y., Mastuti, D. N. & M., 2022. Peningkatan Keterampilan Pada Remaja Di Surakarta Melalui Pemanfaatan Teknologi Pemasaran Online Dan Pembukuan Digital. Pekodimas, 2(1), pp. 83-89.

Utami, R. A., Ibanah, I. & Novikarumsari, N. . D., 2021. Pendampingan Sistem Aplikasi Keuangan dan Pengembangan Promosi Digital UKM “Resep Iboe” Dalam Penerapan Less Contact Economy Covid-19. Selapang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, Desember, 5(1), pp. 760-766.

Wahyudi, N. G., 2019. Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Digital. Staima alhikam, 3(1), pp. 104-135.

Yudantara, I. G. A. P., Musmini, L. S. & Pradnyana, . P. Y., 2022. Pelatihan Dan Pendampingan Menjadi Trainer Digital Bagi Guru SMKN 2 Seririt. Proceeding Senadimas Undiksha, pp. 1556-1564.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License