PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI COMPARISON DEGREE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Mau Izhatul Husna, Hamsi Mansur, Adrie Satrio

Abstract


Pengembangan video pembelajaran merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran di sekolah agar dapat mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Video pembelajaran ini dikembangkan khusus untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dengan materi Comparison Degree, di mana diperlukan penggunaan media audio-visual sebagai tambahan dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah membantu guru dalam mengembangkan video pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada materi Comparison Degree untuk kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/E yang sedang mempelajari materi Comparison Degree. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 7 tahap. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, survei/angket, dan tes sebagai teknik pengumpulan data. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa secara umum video pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar dengan efisiensi yang tinggi. Meskipun hanya menggunakan 7 tahap pengembangan, media pembelajaran yang dikembangkan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Penulis merekomendasikan penggunaan penelitian ini sebagai sumber manfaat bagi guru, siswa, serta peneliti dan pengembang di masa depan. Terutama untuk penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall dengan menggunakan perangkat lunak Wondershare Filmora.

Keywords


Video Pembelajaran; Comparison Degree; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2).

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gave Media.

Effendi, H,. & Hendriyani, Y. (2016). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. 2nd Internasional Seminar on Education.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), pp 6330-6338.

Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(1).

Latifah. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Teknik Pergerakan Kamera Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Universitas Lambung Mangkurat.

Mansur, H., Mastur, Satrio, A., Utama, A. H., & Rini, S. (2021). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Prodi Teknologi Pendidikan. Nizamia Learning Center.

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1).

Maulida, S., Mansur, H., & Fatimah, F. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology, 1(1).

Megawati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keseimbangan Ekosistem. Prosiding Seminar Nasional Tahunan FIS UNIMED 127–130.(2010). Opportunities and Challenges Of Electronic Learning. Economics and Organization, 7(2),191–199.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung:Alfabeta.

Pratiwi, I. W. Triyono, & Warsiti.(2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inkuiri, 2(1), 88-105.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47.

Rahmawati, A., & Hanifah. (2021). Penerapan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Journal Of Science Education.

Saharim, Salasela. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Inquiry Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ambon: Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Stavanka, V. F. Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Pekerjaan Disekitarku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV di SDN-SN Pasar Lama 3. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suryansyah, T,. & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2).

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Utama.

Utomo, A. Y., & Ratnawati, D. (2018). Pengembangan video tutorial dalam pembelajaran sistem pengapian di SMK. Jurnal Taman Vokasi, 6(1).

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License