PEMANFAATAN CANVA SEBAGAI APLIKASI DESAIN GRAFIS UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
Abstract
Pemanfaatan Canva sebagai aplikasi desain grafis mampu mendukung dan memudahkan pembuatan infografis di dalam pembelajaran, Canva aplikasi yang intuitif dan memiliki pilihan font dan warna yang beragam sehingga cocok digunakan oleh mahasiswa untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan Canva sebagai aplikasi desain grafis untuk mendukung pembelajaran di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu menggunakan studi literatur dan ditemukan 10 artikel yang cukup berkaitan langsung dengan topik yang berhubungan dengan pemanfaatan Canva sebagai aplikasi desain grafis dan hasil penelitiannya di ambil dari tahun 2019-2022. Berdasarkan hasil studi literatur memperlihatkan bahwa penggunaan Canva dalam mendukung proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar dan dapat membawa manfaat dalam menciptakan konten pembelajaran yang menarik, interaktif, dan membantu pemahaman siswa terhadap pelajaran. Hal ini dikarenakan mahasiswa dapat menggunakan teks, gambar, ikon, dan grafik secara kreatif untuk menyampaikan informasi dengan cara yang lebih visual dan menarik. Penulis merekomendasikan untuk dilakukan penelitian terkait Canva di sekolah dasar sebagai aplikasi desain grafis, agar dapat menghasilkan konten yang menarik dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldawiyah, Al., Halsanah, Al., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas.
Berbahasa Indonesia. Proceeding: Education Transformation in Facing Industrial Revolution 4.0, 183–187.
Alstridal, D. N., & Alrifudin, D. (2022). Pengenalan dan Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 65–72.
Alwallialh, L. N. (2022). Pemanfaatan aplikalsi Canva sebagai medial pembelajaran matematika. Prosiding Galuh Mathematics National Conference (GAlMMAl NC) 2022, 175–182.
Djalmaluddin, Al., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kalaffah Learning Center. CV Kalaffah Learning Center.
Gusvita, E., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-book untuk Mata Kuliah Media Televisi dan Video. Journal of Instructional Technology, 3(1), 41–46.
Hasan, Y., & Siregar, K. (2021). Pemanfaatan Desain Grafis Berbasis Android Untuk Promosi Produk Dan Bisnis Di Medsos. Jurnal Albdimas Budi Darma, 2(1), 52–56. https://ejurnal.stmik-budidarma.alc.id/index.php/albdimas/article/downloald/3150/2201.
Hidalyat, M. R., Sofyan, A., & Utama, A. H. (2020). Pemanfaatan Media Montessori dalam Meningkatkan Motivalsi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas II SD. Journal of Instructional Technology, 1(2), 138–145.
Indonesial. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 20.
Irkhamni, I., Izza, A. Z., Sallsabilal, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan Canva Sebagai E-Modul Pembelajaran Matematika terhadap Minalt Belajar Peserta Didik. Konferensi Ilmialh Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, ISBN: 978-602-6779-47-2, 127–134.
Juniantoro, S., Mariana, N., Budiyati, E., Rihyanti, E., Nurhayalti, M., Sudjiraln, & Rahmalnialr, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Mendukung Presentasi Jenjalng SMK. Jurnal Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PUNDIMAlSWID), 1(2), 81–86.
Komallasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryaldi, Al. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus daln Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengalbdialn Masyarakat, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380.
Lialnal, K., Rindi, Humaliroh, Alde, Salralh, Dinal, Ristalmi, Jenni, & Dalral. (2022). Meningkaltkaln Minalt Belaljalr Alnalk Paldal Malsal Eral Digitall Progralm Kerjal Pendidikaln Kkn-Temaltik. Comunitalrial : Jurnall Pengalbdialn Kepaldal Malsyalralkalt, 2(1), 82–86. http://jurnall.unal.alc.id/index.php/comunitalrial.
Mansur, H., & Mohd Yalsin, M. H. (2019). Expectations and challenges of implementation inclusive education program: a case study. International Journal of Advanced Research (Ijalr), 7(7), 373–379. https://doi.org/10.21474/IJAlR01/9371.
Oktaviani, V., Syam, R., As-salam, A. I., Fauziah, A., & Alaludin, D. F. I. (2022). Penggunaan Canva Sebagai Infografis Bagi Guru-Guru Di SMK Yapinuh Desa Pantai Sederhana Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi. Prosiding Seminar Nasional Pengabdialn Kepada Masyarakat 2022, 83–90.
Patongai, D. D. P. U. S., Nurhayati, B., Karim, H., & Saparuddin. (2022). Pemanfaatan Canva for Education untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Bahan Ajar bagi Guru Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 130–137. https://s.id/1ndL.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canval Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjalng SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpalm, 8(2), 79–96. http://www.openjournall.unpalm.alc.id/index.php/Sasindo/alrticle/view/8354.
Subagyo, J. (2015). Metode penelitian : dalam teori dal praktek. Rineka Cipta.
Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis. Jurnal Ikraith-Teknologi, 6(1), 62–68.
Wardhanie, Al. P., Fahminnansih, F., & Rahmawalti, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170.
Wulandari, T., & Mudinilah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Medial Pembelajaran IPAl MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyalh (JURMIAl), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License