PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMART APP CREATOR MATERI SISTEM HUKUM DAN PERADILAN NASIONAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN

Puspa Dewi, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif smart app creator dapat meningkatkan motivasi belajar peserta dengan mengacu pada kombinasi elemen-elemen media seperti teks, gambar, suara, video, dan animasi yang dikombinasikan dengan interaktivitas pengguna. Ini menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan berpartisipasi dengan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran sistem hukum dan peradilan nasional, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator, (3) Mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik yang mengikuti mata pelajaran sistem hukum dan peradilan nasional setelah menggunakan media pembelajaran Smart Apps Creator. Penelitian ini menggunakan jenis R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D. Tahapan pengembangan 4D terdiri dari empat tahapan, yaitu Define, Design, Development, dan Dissemination. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji N-Gain score untuk melihat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah pemberian perlakuan; uji hipotesis menggunakan independent sample t test dan paired t-test. Hasil penelitian pada tahap pengembangan menghasilkan ada pengaruh signifikan penerapan multimedia interaktif Smart App Creator terhadap motivasi belajar pesserta didik, peningkatan motivasi belajar peserta didik mendapat nilai gain sebesar 0,62 dengan kategori “Sedang”. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Sekolah dapat memanfaatkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator untuk peserta didik dapat berinteraksi langsung dengan konten, menjawab pertanyaan,  menyelesaikan tantangan, atau melibatkan diri dalam simulasi hukum yang memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam.


Keywords


Multimedia Pembelajaran; Smart Apps Creator; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


ahlevi, R. R., Fatimah, F., & Utama, A. H. (2022). Evaluasi Video Pembelajaran Senam Ritmik Mata Pelajaran PJOK di SDN Sekumpul Martapura. J-INSTECH, 3(2), 33-37.

Stavanka, V. F., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TEMATIK PEKERJAAN DISEKITARKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV DI SDN-SN PASAR LAMA 3. J-INSTECH, 3(2), 144-150.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v5i1.9854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License