PEMANFAATAN E-LEARNING RUANGGURU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN

Adidah Rizqiah, Hamsi Mansur, Susanti Sufyadi

Abstract


Penelitian ini masuk kedalam jenis penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pemanfaatan E-Learning Ruangguru sebagai media pendukung proses pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Banjarmasin, (2) Mengetahui peningkatkan hasil belajar melalui E-Learning Ruangguru pada mata pelajaran Biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Banjarmasin dengan penerapan media E-Learning ruangguru dan pembelajaran konvensional. Metode penelitian memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment tipe nonequivalent control group design dan memakai teknik simple random sampling. Hasil penilaian data validasi saat menguji dalam lingkup validitas soal, reliabilitas soal, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal menggunakan SPSS 16.0 berada dikategori sangat layak. Tes percobaan yang dilaksanakan untuk siswa memperlihatkan bahwasannya skor semua responden dengan jumlah 42 pada kategori sangat layak. Hasil pengujian pemakaian e-learning ruangguru dalam hal sebuah peningkatan hasil belajar siswa melalui analisis uji Independent Sample T-Test hasilnya didapat nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka bisa diberi sebuah simpulan bahwasannya terdapat peningkatan signifikan e-learning ruangguru dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran siswa.

Keywords


Media Pembelajaran; E-Learning; Ruangguru; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, F. P., & Ginanjar, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran E-Learning Dengan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Analisis Pesertdidik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. SOSIOLIUM: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 72-83.

Amalliah. 2019. Peran Aplikasi Ruang Guru sebagai Media Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Memotivasi Belajar. Jurnal Akrab Juara. Volume 4 Nomor 3 Edisi Agustus 2019 (143-156).http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/715 (diakses tanggal 13 Januari 2021).

Dian Putri. (2019) Pengaruh Penggunaan Fitur Ruangbelajar terhadap Tinkat Pemahaman Siswa Penggunaan Aplikasi Ruangguru.

Kasim, N. N. M., & Khalid, F. (2016). Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context : A systematic review. IJET, 11(6), 55–61.https://doi.org/10.3991/ijet.v11i06.5644.

Kraleva, R., Sabani, M., & Kralev, V. (2019). An Analysis of Some Learning Management Systems An Analysis of Some Learning Management Systems, (August). https://doi.org/10.18517/ijaseit.9.4.9437.

Piran Wiroatmojo dan Sasonoharjo, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Munandar, A. H., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(1), 1-12.

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013), hal. 22.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Shofi, S. A., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Ruangguru Menggunakan Metode Fuzzy Kano. Jurnal Pengembangan Teknolohi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), 4307-4315.

Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: AlfabetaSukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License