PEMANFAATAN E-LEARNING RUANGGURU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, F. P., & Ginanjar, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran E-Learning Dengan Media Kahoot Terhadap Kemampuan Analisis Pesertdidik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. SOSIOLIUM: Jurnal Pembelajaran IPS, 2(1), 72-83.
Amalliah. 2019. Peran Aplikasi Ruang Guru sebagai Media Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Memotivasi Belajar. Jurnal Akrab Juara. Volume 4 Nomor 3 Edisi Agustus 2019 (143-156).http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/715 (diakses tanggal 13 Januari 2021).
Dian Putri. (2019) Pengaruh Penggunaan Fitur Ruangbelajar terhadap Tinkat Pemahaman Siswa Penggunaan Aplikasi Ruangguru.
Kasim, N. N. M., & Khalid, F. (2016). Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context : A systematic review. IJET, 11(6), 55–61.https://doi.org/10.3991/ijet.v11i06.5644.
Kraleva, R., Sabani, M., & Kralev, V. (2019). An Analysis of Some Learning Management Systems An Analysis of Some Learning Management Systems, (August). https://doi.org/10.18517/ijaseit.9.4.9437.
Piran Wiroatmojo dan Sasonoharjo, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: LAN RI.
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Munandar, A. H., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(1), 1-12.
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013), hal. 22.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Shofi, S. A., Rachmadi, A., & Herlambang, A. D. (2019). Analisis Kebutuhan Pengguna Aplikasi Ruangguru Menggunakan Metode Fuzzy Kano. Jurnal Pengembangan Teknolohi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(5), 4307-4315.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: AlfabetaSukardi. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
J-INSTECH Journal of Instructional Technology is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email: [email protected]
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License