PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI HEWAN DAN TUMBUHAN DI KELAS IV

Chairuddin Noor, Mastur Mastur, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan menguji kelayakan dari pengembangan video animasi pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi hewan dan tumbuhan kelas IV di SD N Pasar Lama 3 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research & Development (R&D) menurut Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi enam langkah. Langkah yang dilakukan peneliti antara lain, (1) Pengumpulan.data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk awal, (4) Uji coba awal, (5) Revisi Produk, (6) Produk Akhir. Teknik dan instrument yang akan digunakan pada pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penilaian produk dilakukan melalui uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. hasil penelitian menunjukan bahwa ahli materi memberikan persentase 85,00% dan 87,68% dengan kategori sangat baik, ahli media memberikan persentase 92,14%, 93,42% dan 88,14% dengan kategori sangat baik, dan guru IPA persentase 85,35% dengan kategori sangat baik. Maka sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.


Keywords


Video Animasi; Powtoon; Mata Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.

Apriansyah. R.M. 2020. pengembangan media pembelajaran video berbasis animasi mata kuliah ilmu bahan bangunan di program studi pendidikan teknik bangunan fakultas teknik universitas negeri jakarta. Jurnal pendidikan teknik sipil. 9(1). (pp.8-18).

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fatmawati N.L. 2021. Pengembangan video animasi berbasis powtoon sebagai media pembelajaran Bahasa inggris usia SD di masa pandemic. Jurnal Alternatif pemikiran kependidikan, 26(1), (pp.65-77).

Fitriyani, N. 2019. Pengembangan media pembelajaran audio-visual powtoon tentang konsep diri dalam bimbingan kelompok untuk peserta didik sekolah dasar, Jurnal Tunas Bangsa, 6(1). (pp.104-114).

JSN, D. (2021, februari Rabu). materi pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas 4 semester 1 sd dan mi. retrieved from dadangjsn:https://www.dadangjsn.com/2016/08/materi-pelajaran-ilmupengetahuan-alam.html (diakses 18 mei 2021).

Mansur, H. & Rafiudin. (2020). Pengembangan media pembelajaran infografis untuk meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), (pp.38-39).

Putri, E.F. 2021. Media pengembangan powtoon untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan, 5(2), (pp.198-205).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. (p-146, p-395).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License