STUDI LAYANAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Diky Wahyudi, Mastur Mastur

Abstract


Layanan perpustakaan pada saat pandemi Covid-19 ini memang belum berjalan dengan maksimal, karena pembatasan aktivitas yang ada di sekolah tersebut sehingga siswa tidak bias berkunjung dan meminjam buku secara maksimal. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kondisi faktual layanan perpustakaan sebagai sumber belajar, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat layanan perpustakaan sebagai sumber belajar selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang mana untuk mendapatkan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa kondisi faktual layanan perpustakaan memiliki kekurangan dalam fasilitas seperti koleksi buku dan komputer, suasanan ruangan yang masih kecil, akses informasi yang kurang berkembang, layanan pada referensi yang masih perlu peningkatan dan faktor penghambat pada layanan perpustakaan yaitu pandemi Covid-19 yang mengakibatkan siswa tidak bisa berkunjung, kurangnya fasilitas pendukung seperti komputer dan WiFi, belum tersedianya website perpustakaan, dan kurangnya petugas di perpustakaan. Penelitian ini direkomendasikan untuk sekolah agar dapat dijadikan saran dalam meningkatkan layanan perpustakaan sebagai sumber belajar

Keywords


Layanan Perpustakaan; Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Basyirun, F. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan sebagai Sumber Belajar oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 6(01), 19-28.

Erma Awalien Rochmah. (2016). Pengelolaan Layanan Perpustakaan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4, 278.

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol, 2(1), 13.

Nabila, N. (2013). Keterkaitan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dengan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. Edulib, 3 (2), 30.

Nafilah, E., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, informasi dan kearsipan, 3(1), 33-44.

Rusdi. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan: Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru. hal.230. Rajawali Pers. Depok.

Saifudin, M. F., & Istiqomah, A. N. (2021). Peran Perpustakaan Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah Di SD Muhammadiyah Pakem. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(1), 31-42.

Soendari, T. (2001). Pengujian keabsahan data penelitian kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, 14.

Sonia, B. (2019). Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar Untuk Mewujudkan Sekolah Yang Unggul. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 188-193.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Hal.9. Alfabeta.

Usman, S. N. (2020). Pengelolaan Perpustakaan Madrasah di Kota Palangka Raya (Studi terhadap Upaya Madrasah Menjadikan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar dan Bagian dari Sistem Pengajaran). Journal of Library and Information Science, 4, 88.

Wahyudi, S. (2009). Studi Pelayanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Sebagai Sumber Belajar (Studi Kasus di SMA Negeri 7 Surakarta). UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret, 3.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License