Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web;Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI

Dipa Haryono, Ahmad Sofyan, Rafiudin Rafiudin

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran Biologi sebagian siswa menganggap biologi merupakan mata pelajaran yang tergolong sukar karena materinya lumayan banyak serta mengandung istilah-istilah Latin yang perlu pemahaman lebih. Melalui pegembangan diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan pembelajaran agar menciptakan pembelajaran inovatif dan efektif. Tujuan penelitian adalah (1) Mengembangkan sebuah media_.belajar dengan dengan web pada bidang pelajaran Biologi kelas XI, (2) Memahami kelayakan sebuah media pembelajaran dengan menggunakan web bidang pelajaran Biologi kelas XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D). Model penelitian ini adalah model adaptasi dari Borg and Gall terdiri dari sepuluh langkah yaitu: research and..information colecting, main..product revision, develop..preliminary form..of product, main..field testing, planning, operasional..field testing, operasional product..revision, dissemination>,dan implementation, final.,product.<revision. Hasil dilakukan penelitian<.menyatakan bahwa,,media pembelajaran dengan menggunakan<web sangat.,layak<.digunakan. Media pembelajaran dari hasil penelitian ini sangat direkomendasikan untuk digunakan guru dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran.

Keywords


Media Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Web; Biologi

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. A. (2016). Guru Profesional Berkarakter. Cempaka Putih.

Borg, W. R. and Gall, W. R. (2007). Educational Research. New York: Pearson Education, Inc.

Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. (78-94).

Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munandar, A. H., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan E-learrning Berbasis Moodle untuk Meningkakan Pemahaman Isi Teks Anekdot pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(1), 1-12.

Rasagama, I. G. (2011). Memahami Implementasi Educational Research and Development. (pp. 1–31). https://doi.org/10.2753/eue1056-4934010442.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Porfesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2012). Model-model*Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Satrio, A., & Gafur, A. (2017). Pengembangan+-visual novel9-game mata pelajaran,ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 1-12.

Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur. (2020). Pengembangan. E-Learning. Academiana Berbasis Moodle Untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Intructional Technology, 1(1), 13–19.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License