PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Fauzan Fadhillah, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Studi ini menghasilkan E-learning berbasisMMoodle untuk media ajar mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitin untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan peningkatan hasil belajar melalui media E-Learning pelajaran matematika di kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan modeloAllesi & Trollip. Tahap pertama, planning untuk menetapkan tujuan dan maksud dari pengembangan sebuah produk. Kedua, yaitu rancangan untuk menjelaskan pendahuluanlprogram. Ketiga, adalah peningkatan untuk proses pembuatan konsep rancangan menghasilkan suatu prosuk. Metode dan alat yang dipakai yaitu wawancara, observasi, kuesioner dan uji coba uji coba lapangan dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Metode analisis data yang dipakai yakni analisis kuantitatif danpkualitatif. Produk E-learning dikembangkan dengan flowchart sebagai petunjuk arah program. Produk berhasil dikembangkan dengan mendapat hasil “Sangat Layak” dari orang mempunyai keahlian media danlmateri. Kemudian uji coba lapangan dengan pendekatan PBL mendapatkan hasil rata-rata skor post-test sebesar 91,19 lebih tinggi dari rata-rata skor pre-test yang hanya sebesar 63,09. Sehingga media dalam proses belajar pada E-learning berbasis Moodle dapat dikategorikan mampu mengembangkan perolehan belajar untuk mata pelajaran Matematika kelaslXI di SMA Negeri 1 Kelumpang Hulu.

Keywords


E-Learning; Moodle; Problem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Alessi, S. M., & Trollip, S. R. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd Edition). Boston: Allyn and Bacon.

Burhanuddin. (2011). Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Internet Di Smp Negeri 5 Semarang.

Dalu, Z., C., A., & Rohman, M. (2019). Pengembangan E-Learning sebagai media pembelajaran simulasi dan komunikasi digital bagi siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 25-33.

Djoko, Atik, Catur. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.

Heckman, J. J., Pinto, R., & Savelyev, P. A. (1967). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Mutu Belajar Dengan Mutu Proses Belajar Mengajar Sebagai Variabel Intervening Mata Kuliah Perbankan Syariah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 9(2), 24–35.

Muhammad, H., R. Eka Murtinugraha, & Sittati Musalamah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453.

Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur, M. (2020). Pengembangan E-Learning Academiana Berbasis Moodle Untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. J-INSTECH: Journal of Instructional Technology, 1(1), 13- 19.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License