Pengembangan Video Pembelajaran Mata Kuliah Media Fotografi Materi Jenis-Jenis Lensa Kamera

Hana Yulina, Ahmad Sofyan, Mastur Mastur

Abstract


Bermula dari kebutuhan dilapangan bahwa mata kuliah Media Fotografi di Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP ULM perlu kiranya suatu pengembangan media video yang dapat membantu pemahaman mahasiswa secara konstektual utamanya pada materi jenis-jenis lensa kamera. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan hal-hal abstrak menjadi lebih konkrit dengan jalan penelitian dan pengembangan berupa video pembelajaran media fotografi jenis-jenis lensa kamera. Penelitian ini menghasilkan suatu produk video pembelajaran untuk mata kuliah fotografi jenis-jenis lensa kamera, utamnya digunakan untuk memperjelas mpemahaman mahasiswa dari abstrak menjadi konkrit dan atau konseptual menjadi lebih konstektual. Pengembangan produk video pembelajaran yang telah dilakukan pada uji skala kecil dilakukan oleh ahli naskah dan bahasa diperoleh persentase nilai 82% yang termasuk dalam kategori layak. Ahli materi menyatakan sangat layak dengan persentase nilai 94% dan ahli media pun menyatakan sudah layak dengan persentase nilai 89.51%. Uji coba kelompok besar diberlakukan kepada responden mahasiswa berjumlah 227 orang dengan persentase nilai mencapai 89.51% yang berarti produk video pembelajaran yang telah dikembangkan mendapat respon positif dan layak dari pengguna mahasiswa untuk membantu pemahaman mahasiswa secara konkrit dan konstektual

Keywords


Penelitian Pengembangan; Video Pembelajaran; Media Fotografi; Jenis-Jenis Lensa Kamera

References


Zarniati, Z., Alizamar, A., & Zikra, Z. (2016). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kegiatan belajar peserta didik. Konselor, 3(1), 12-16.

Darmawan, A., & Hamidi, J. (2018). Membuat media video pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mansur, H. (2020). dkk.“Evaluasi Kemampuan Guru melaksanakan Pembelajaran K-13 Berbasis TPACK Model Countenance Evaluation.”. International Journal of Innovation, Creativity, and Change (Juli 2020).

Rahmat, A. S. (2018). Games Book Sebagai Media Pembelajaran Aktif Kolaboratif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknodik, 133-142.

Salim, A., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Jurnal Penelitian Tindakan dan Pendidikan, 6(2).

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan Blog sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknodik, 143-158.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License