PEMANFAATAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI SMPN 2

Hidayat Nur Salim, Zaudah Cyly Arrum Dalu, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pemanfaatan media kahoot yang sudah cukup familiar digunakan dalam proses belajar dan mengajar (PBM) di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media kahoot dengan model kooperatif tipe STAD, kemudian untuk mengetahui bagaimana kerjasama siswa sebelum dan sesudah saat menggunakan media Kahoot dengan model kooperatif tipe STAD, yang pada akhirnya adalah untuk dapat mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media kahoot dengan model kooperatif tipe STAD. Penelitian ini mengambil sampel di kelas VIII pada mata pelajaran IPS SMPN 2 Kusan Hilir dengan menggunakan desain penelitian mixed method kuantitaif dan kualitatif. Instrumen dan analisis datanya meliputi lembar observasi pemanfaatan, lembar observasi kerjasama siswa, pedoman wawancara kerjasama siswa, dan tes hasil belajar siswa yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa pemanfaatan media kahoot pada PBM tiga kali pertemuan adalah 84,84% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil kerjasama siswa yang didapatkan sebelum tindakan sebesar 40%, sedangkan setelah tindakan pada pertemuan I adalah 63%, pada pertemuan II meningkat menjadi 80%, dan pada pertemuan III terus meningkat menjadi 93% yang termasuk dalam kategori baik. Hasil belajar menunjukkan telah terjadinya peningkatan 62,96% pada pertemuan I, 77,78% di pertemuan II, dan 96,56% di pertemuan III. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemanfaatan media kahoot dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan  kerjasama dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Kusan Hilir

Keywords


Pemanfaatan Media; Kompetensi Kerjasama; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Qualitative, Quantitative, and Mixed. Third Edition, Terjemah, Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamid, M. (2011). Metode Edutainment. Jogjakarta: Diva Press.

Kurniasih, D., Istihapsari, V., & Afriady, D. A. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 2 Glagah Tahun. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Universitas Ahmad Dahlan, 1353–1360.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Mulyasa, E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priatna Mahyuda P, Hamsi Mansur, R. A. (2020). Development Media, Video Learning Social Studies, Learning Outcomes. Journal of Instructional Technology, 1(2), 109–116.

Rofiyarti, F., & Sari, A. Y. (2017). TIK Untuk AUD: Penggunaan Platform “KAHOOT!” dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. Pedagogi, 3(3b Desember 2017), 164–172.

Sutarini, Y. C. N., Priyoyuwono, P., & Armstrong, T. (2014). The nurturance of the values of responsibility and cooperation integrated into the educational science course. Journal of Character Education, 4, 213–224.

Utama, A. H. (2021). Model Desain Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License