PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX

Irsyad Baihaqi, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan menguji kelayakan dari pengembangan video animasi pembelajaran, pada mata pelajaran IPA tentang materi listrik dinamis untuk kelas IX di SMPN 23 Banjarmasin. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (Research & Development). Adapun model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan video animasi ini yaitu menggunakan model 4D. Tahapan yang dilakukan dalam model 4D terdiri dari empat tahapan yaitu tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likert. Penilaian produk dilakukan melalui uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validasi oleh ahli media diperoleh nilai persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Uji validasi oleh ahli materi diperoleh nilai persentase sebesar 89% dengan kategori sangat layak juga. Jadi, media video animasi pembelajaran ini sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Keywords


Media Pembelajaran; Video Animasi; Listrik Dinamis; Model Pengembangan 4D

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ermawati, E., Fatimah, F., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle PAI Untuk Meningkatkan Minat Siswa SD Kelas IV. Journal of Instructional Technology, 2(2), 62-68.

Fitriani, dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Sistem Pernapasan Manusia Sebagai Upaya Mendukung Kebijakan Belajar di Rumah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 303-316.

Mansur, H. & Rafiudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 38-39.

Ramadhan, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Siskomdig Siswa Kelas X. Journal of Instructional Technology, 2(1), 51-60.

Sari, I.M. (2014). Pedoman Mata Pelajaran IPA SMP. https://www.slideshare.net/IrmaMuthiaraSari/pedoman-mata-pelajaran-ipa-smp (diakses tanggal 03 November 2020).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License