PERSEPSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 10 BANJARBARU

Katon Bagaskara Swasono, Susanti Sufyadi, Adrie Satrio

Abstract


Pemerintah menerapkan pembatasan aktivitas pembelajaran di sekolah selama pandemi melalui pembelajaran daring. Solusi pembelajaran dalam keadaan ini menggunakan Google Classroom. SMPN 10 Banjarbaru menjadi sekolah memanfaatkan GC sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menganalisis persepsi guru dan siswa terhadap penggunaan GC pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data model alir oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian (1) Menerapakan sesuai dengan komponen pelaksanaan tujuan pembelajaran, materi, strategi, media dan evaluasi berhasil mencapai KKM. (2) Persepsi guru, materi IPS disampaikan secara singkat, kurangnya disiplin siswa. Kelebihan GC desain sederhana, terintegrasi Gmail, kekurangan siswa terhadap kejujuran menjawab tugas. Faktor pendukung laptop, smartphone, kuota, sinyal, faktor penghambat listrik padam, kendala teknis, koneksi tidak stabil. (3) Persepsi siswa, menarik berbeda dengan belajar di kelas, termotivasi aktif teknologi, pengalaman baru. Kelebihan GC waktu belajar fleksibel, kekurangan interaksi tatap muka dengan guru, siswa mengeluh banyak tugas. Faktor pendukung smartphone, kouta, faktor penghambat sinyal, mati listrik, fokus terganggu belajar di rumah karena kurang kondusif

Keywords


Media Pembelajaran; Google Classroom; IPS

Full Text:

PDF

References


Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PETIK 7 (1), 7-18.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Kuningan: Rineka Cipta.

Handayani, N. A., & Jumadi. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Darig Pada Masa Pandemii Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. JPSI 9(2), 217-233.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meirino, & Trisnawati, N. (2021). Analisis Media Pembelajara Berbasis E-Learning Dalam Mendukung Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Administras Kepegawaian Kelas XI OTKP. Paedagoria Jurnal Kajian Penelitian dan Pengembangan Kependidikan. 12 (2), 173-181.

Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis Karakter Disiplin dan Tangung Jawab Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (5), 3062-3071.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press).

Roziqin, M. K., Mansur, H., & Mastur. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII di SMP. Journal of Instructional Technology, 2 (2) 46-52.

Salim, A., Mansur, H., & Hadi, A. U. (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 20 (2), 102-116.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License