EVALUASI KELAYAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Khairil Azimi, Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui evaluasi kelayakan multimedia pembelajaran
interaktif pada mata pelajaran IPS submateri kegiatan ekonomi sudah bisa atau belum sebagai media belajar siswa di kelas VII SMPN 30 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil analisis data dalam bentuk angka yang digunakan untuk melihat kualitas dan kelayakan hasil produk. Data kualitatif diperoleh dari penilitian awal dan uji coba produk. Hasil penelitian ini adalah : 1) Multimedia pembelajaran ini menunjukan kelayakan hasil penyajian materi dengan persentase rata-rata dari validasi ahli materi 96,5% yang keduanya termasuk dalam kriteria sangat baik atau sangat layak. 2) Multimedia pembelajaran ini menunjukan kelayakan hasil produk dengan dua aspek yaitu
aspek hasil produk dan aspek keefektifitasan bagi siswa yang diberi penilaian menurut siswa kelas VII-C SMPN 30 Banjarmasin menunjukan persentase 87,1%, termasuk kriteria sangat baik atau sangat layak digunakan.


Keywords


Evaluasi; Multimedia Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Elis Ratna Wulan. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Surakarta: Pustaka Setia.

Komariah Aan. Satori Djam’am. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mansur Muslich. 2010. Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Regyna Putri Ramadhan. 2019. Pengembangan Multuimedia Pembelajaran Interaktif dengan Metode Konstruktivistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di Mts Assanabil Banjarmasin. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Rusdi. 2018. Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok : Rajawalli Pers.

Sterno Pena. 2019. ” Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Cabangcabangnya”, https://www.belajarsosial.com/2016/04/pengertian-ilmupengetahuan-sosial-dan.html, diakses pada pukul 17.15 WITA.

Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License