PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI KIMIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA X IPA SMAN 1 ALALAK

Mawarni Eka Sari, Hamsi Mansur, Agus Hadi Utama

Abstract


Pengembangan video animasi pembelajaran merupakan salah satu bentuk usaha memenuhi media pembelajaran di sekolah agar mampu menunjang hasil belajar siswa. Video animasi dikembangkan untuk mata pelajaran Kimia yang dimana pembelajaran ini perlu adanya bentuk visual terhadap materi yang akan diberikan oleh pendidik. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Kimia kelas X, mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran Kimia kelas X dan mengetahui penggunaan video animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model 4D (Four-D) yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Hasil penelitian menunjukan hasil “sangat layak” melalui uji validasi ahli media, mendapatkan hasil “sangat layak” melalui uji validasi materi, serta mendapatkan hasil “sangat layak” juga untuk uji validasi naskah dan bahasa. Selanjutnya melalui hasil ujicoba media video animasi terhadap siswa, mampu meningkatkan hasil belajar dibuktikan dengan peningkatkan nilai post-test siswa. Hal ini menunjukan bahwa video animasi bisa dijadikan sebagai media pembelajaran Kimia kelas X SMA Negeri 1 Alalak.

Keywords


Video Animasi; Pembelajaran Kimia; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar. (2009). Media Pembelajaran (pp.10-11). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Fadhallah, R.A. (2021). Wawancara. Jakarta: UNJ Press.

Krissandi, A. D. S., & Dharma, F. U. S. (2018). Pengembangan Video Tematik Sebagai Pengantar Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Premiere Education; Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 68-77.

Mahadewi, Luh Putu Putrini, dkk. (2014). Media Video Pembelajaran. Singaraja: Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Maryati, Kun & Suryawati, Juju. (2006). Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII (pp.50-51). Jakarta: Erlangga.

Miarso,Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (pp.23-24). Jakarta: Edisi Kedua. Prenadamedia Group.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Oya, R.N & Budiningsih, C.A. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2, No. 1, 116-126.

Prastiyo Fendika. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pechan Di Kels V SDN Sepanjang 2. Kekata Group; 9.

Ponza, Jampel, Sudarma. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 6. No. 1.

Seel, & Richey. (1994). Instructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Subagia, I.W. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuanititatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Suryaningsih, Arifah, dkk. (2021). Teknik Pengelolaan Audio Video untuk SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Syaodih S, Nana. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Widiyasanti, M & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun VIII No. 1.

Widyastuti Ana, dkk. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License