PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ADD ON ISPRING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJARSISWA KELAS VII DI SMP MATA PELAJARAN IPA MATERI KELOMPOK HEWAN

Muhammad Akhyar, Susanti Sufyadi, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru dalam menyelesaikan permasahalan yang terjadi dalam proses pembelajaran, yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran kurang menarik sehingga menurunnya minat belajar siswa di kelas VII H SMP Negeri 1 Kotabaru dalam mata pelajaran IPA materi kelompok hewan. Untuk itu, peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran power point interaktif dengan add on ispring yang bertujuan meningkatkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode penelitian dan pemngembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four-D) yang meliputi tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebarluasan). Teknik pengumpulan dan pengambilan data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif menggunakan sekala likert dengan rumus persentase untuk ahli media, ahli materi, sedangkan untuk minat belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian dari validasi kelayakan ahli materi memperoleh nilai persentase 90,89% dan 85% dengan katogeri “sangat layak” dan untuk validasi kelayakan ahli media memperoleh nilai persentase 85% dan 93,33% dengan katogori „sangat layak”. Sementara itu untuk penilaian minat belajar siswa diperoleh bahwa nilai uji n-gain dengan memperoleh nilai 0,87 dengan kategori “tinggi”. Dengan demikian, terjadinya peningkatan minat belajar siswa berdasarkan hasil uji coba N-Gain setelah menggunakan pembelajaran power point dengan add on ispring

Keywords


Media Presentasi; Power Point; Add On Ispring

Full Text:

PDF

References


Masykur, R., Aulia, L. R., & Sugiharta, I. (2018). Microsoft power point pada aplikasi android dalam peningkatan pemahaman konsep matematis. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 265-273.

Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Journal Basicedu, 5(6), 5520-5529.

Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu

pengetahuan sosial. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1-9.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (The impacts of students‟learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79-92.

Widyawati, C., Katminingsih, Y., & Widodo, S. (2022, September). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10 PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. In Seminar & Conference Proceedings of UMT (pp. 128-134).

Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal IPTEK Terapan, 11(1), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License