PENGEMBANGAN E-POSTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI TENTANG SISTEM IMUN KELAS XI

Muhammad Ramli, Mastur Mastur, Adrie Satrio

Abstract


Permasalahan  yang sering ditemukan di sekolah adalah kurangnya pengembangan dan penggunaan media pembelajaran yang memudahkan guru dalam proses pembelajaran daring yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan kelayakan media E-Poster (poster elektronik) sebagai media pembelajaran di bidang materi biologi untuk sistem imun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Pengembangan media E-Poster ini memiliki empat fase: definisi, desain, pengembangan, dan diseminasi. Pengumpulan data untuk survei ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Melibatkan lima ahli, satu ahli instrumen penelitian, dua ahli media, dan dua ahli materi, berpartisipasi dalam menilai kelayakan media E-Poster. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil  penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa media E-Poster untuk materi Sistem Imun sangat layak digunakan. Hasil uji kelayakan media E-poster bagi para ahli media dan ahli materi  masuk dalam kategori sangat layak. Oleh karena itu, media E-Poster sangat cocok sebagai media pembelajaran bagi siswa Kelas XI di sekolah yang bersangkutan.

Keywords


E-Poster; Biologi; Sistem Imun

Full Text:

PDF

References


Handarini, OI, & Wulandari, SS (2020). Belajar berani sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) , 8 (3), 496-503.

KEMENDIKBUD. (2020). Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Penerapan Kebijakan Pendidikan Penularan Virus Corona (COVID-19) Dalam Keadaan Darurat.

Ummi, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran Biologi semester II kelas X SMA berbasis Lectora Inspire. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(1), 41-46.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., & dkk. (1974). Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Childrren: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Yusandika, A. D., Istihana, I., & Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education, 1(3), 187-196.

Sumiharsono, Rudy, dan Hisbiyatul Hasanah. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Guru. Jember: Pustaka Abadi




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i2.8884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License