E-MODUL BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI ANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI

Muhammad Zein, Agus Hadi Utama

Abstract


Upaya peningkatan kualitas pembelajaran di jenjang pendidikan formal di masa pandemi Covid-19 menuntut pendidik untuk dapat menyelaraskan metode dan strategi pembelajarannya baik dari segi cara mengajarnya maupun pemanfaatan sumber belajar yang digunakan. Sumber belajar bisa darimana saja salah satunya adalah pemanfaatan e-modul yang notabennya sesuai dengan kondisi pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19. Pemanfaatan e-modul dari rumah belajar yang disiapkan oleh pemerintah untuk mengatasi situasi pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 sangat membantu proses pembelajaran daring. Disini peneliti juga mencoba mengembangkan e-modul pada sub-bab atau pokok bahasan materi analisis unsur pembangun puisi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring. E-modul yang dikembangkan berbasis kvisoft flipbook maker dengan materi analisis unsur pembangun puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA yang sesuai dengan karakteristik e-modul berisikan pesan teks, gambar, audio, dan video. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall yang sudah dimodifikasi menjadi 5 (lima) langkah yaitu: perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk, revisi hasil uji coba produk, dan diseminasi atau implementasi. Metodologi dan teknik analisis data penelitian menggunakan pendekatan kualitatif triangulasi sumber data dari instrumen pedoman wawancara dan angket expert judgement. Hasil penelitian ini menunjukan produk pengembangan e-modul berdasarkan expert judgement adalah “sangat layak” dengan jumlah persentase hasil uji validasi materi  adalah 83,2% dan hasil uji validasi media adalah 83,2%. Oleh karena itu, produk pengembangan e-modul berbasis kvisoft flipbook maker materi analisis unsur pembangun puisi ini telah layak digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring dan dapat digunakan sebagai sumber belajar guna meningkatkan kualitas pembelajaran guru dan siswa di kelas X SMA pada umumnya.

 

 

Keywords


Pengembangan E-Modul; Sumber Belajar; Materi Analisis Unsur Pembangun Puisi

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. PT Rajagrafindo Persada: Depok.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Mahmud, A. Z., Mansur, H., & Utama, A. H. (2022). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Siswa Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN. Journal of Instructional Technology, 2(2), 35-39.

Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Purwanto, dkk. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta : Depdiknas.

Seel, & Richey. (1994). Insructional Technology: The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur, M. (2021). Pengembangan E-Learning Academiana Berbasis Moodle untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Instructional Technology, 1(1), 13-19.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuanititatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabet.

Warsita, B. (2013). Perkembangan Definisi dan Kawasan Teknologi Pembelajaran serta Perannya dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran.

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 72-94.

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License