PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI GRAMMAR TO BE KELAS 7 SMP NEGERI 2 MUARA UYA

Mul Yandi, Agus Salim, Adrie Satrio

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan adanya permasalahan keterbatasan media pembelajaran disalah satu SMPN  2 Muara Uya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan video pembelajaran grammar to be dengan pendekatan problem based learning. (2) menguji hasil validitas video pembelajaran grammar to be untuk kelas 7 SMP. (3) mengetahui efektivitas video pembelajaran dalam proses pembelajaran siswa dengan pendekatan problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), dan model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan angket. Data yang dikumpulkan tersebut dilakukan dengan cara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian sebagi berikut : (1) pengembangan video pembelajaran grammar to be melalui 4 tahapan model 4D meliputi : a) tahap pendefinisian, b) tahap perencanaan video pembelajaran, c) tahap pengembangan video pembelajaran, dan d) tahap penyebarluasan media pembelajaran. (2) kelayakan video pembelajaran grammar to be terdiri dari : ahli materi mata pelajaran berpredikat baik 75%, ahli media pembelajaran mendapatkan predikat sangat baik 89%, dan ahli naskah bahasa mendapatkan hasil baik 79%. (3) efektivitas penggunaan video pembelajaran terlihat dari perbedaan dalam penerapan media dengan pendekatan problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Nilai rata-rata setelah menggunakan media 92%, lebih tinggi sebelum menggunakan media 58%. Dapat dikatakan bahwa video pembelajaran pada mata pelajaran bahasa inggris materi grammar to be dengan pendekatan problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Video Pembelajaran; Problem Based Learning; Grammar Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Elza Yunika. (2020). “Pengembangan Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4D Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton”.

Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5.

Ibrahim, dkk. 2005. Media Pembelajaran. Malang : Universitas Negeri Malang.

Ni Putu Ayu Prihartini. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interkatif IPA dengan model 4D untuk siswa kelas VIII SMPN 7 Singaraja.

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Thiagarajan, S. et. al, (1974), Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. (Bloomington Indiana: Indiana University,).

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License