PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA MATERI HUKUM PEWARISAN SIFAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IX

Noorhilmah Noorhilmah, Sarbaini Sarbaini, Adrie Satrio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran mata pelajaran IPA materi hukum pewarisan sifat pada makhluk hidup dan mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 24 Banjarmasin setelah penggunaan video pembelajaran.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap penyebarluasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, angket dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa media video pembelajaran materi hukum pewarisan sifat pada makhluk hidup berada pada kategori sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji coba video pembelajaran menunjukkan bahwa video pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 24 Banjarmasin

Keywords


Video Pembelajaran; Pengembangan Model 4D; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdulhak, I., & Darmawan, D. (2017). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA , 10 (2), 63-73.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib , 71.

Nurmisanti, Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). Identifikasi Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, Vol. 2, No.1, Maret 2017 , 17.

Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana university bloomington.

Zubaidah, S. (2017). Pembelajaran Sains (IPA) sebagai Wahana Pendidikan Karakter. 5-6.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License