PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI TATA SURYA KELAS VII DI SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Normila Santi, Sarbaini Sarbaini, Agus Hadi Utama

Abstract


Guru memiliki peran dalam memperhatikan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mendukung aktivitas belajar siswa di kelas. Video pembelajaran ialah salah satu jenis media yang menarik dan efektif karena dapat mencipatakan pengalaman belajar yang langsung bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui pengembangan media video pembelajaran IPA materi tata surya dan mengetahui kelayakan video pembelajaran IPA materi tata surya kelas VII di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan prosedur model 4D (Four-D) dengan tahapan pendefinisian, perancangaan, pengembangan dan tahap penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil penelitian mendapatkan hasil uji validasi oleh ahli media dengan kategori yang sangat  layak, dan hasil uji validasi materi mendapatkan nilai pada kategori yang sangat layak. Sehingga media video animasi pembelajaran IPA bisa ditarik kesimpulan sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya di kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin.

Keywords


Video Pembelajaran; Sistem Tata Surya

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Doyan, A., Taufik, M., & Anjani, R. (2018). Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah. 5(2), 187-194.

Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengajar Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.

Hamsi, Mansur, dkk. (2021). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Prodi Teknologi Pendidikan. Nizamia Learning Center : Sidoarjo.

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Miarso,Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.

Moh. Suardi. (2012). Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat. Volume 03, Nomor 01, Juni 2018.

Rahdiyanta, Dwi. (2016). Teknik Penyusunan Modul. Jurnal Pendidikan.

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Seel, & Richey. (1994). Insructional Technology :The Definition and Domain of the Field. Diterjemahkan oleh Dra. Dewi S. Prawiradilaga, M.Sc dkk. Jakarta: Unit Percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Setiawan, A. Mansur, H., Mastur. (2020). Pengembangan E-learning Academiana Berbasis Moodle untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Instructional Technology.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryaningsih,Arifah,dkk. Teknik Pengelolaan Audio Video untuk SMK/MAK Kelas XII. PT Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4, Nomor 1, September 2017, hlm. 220-234.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.

Widyastuti Ana,dkk. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Media Video dalam Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License