PENGEMBANGAN E-BOOK HYPERCONTENT BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SMP

Putri Elvira Puspa Rani, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Pendemi covid-19 merupakan situasi darurat sedunia oleh tersebarnya coronavirus yang mana penyebarannya melalui kontak fisik dan udara. Coronavirus menyebabkan adanya pembatasan sosial, sehingga melahirkan kebijakan baru dalam pendidikan nasional yang menerangkan tentang belajar dari rumah dengani pembelajaran daring. Sehubung dengan hal tersebut dampak kemajuan teknologi terhadap siswa dan guru pada masa pandemii covid-19 ini yaitu penggunaan perangkat elektronik yang dimanfaatkan dalam pembelajaran, hal ini menjadi peluang peneliti untuk mengalihkannya sebgai sumber belajar. Berdasarkan hal tersebut dilakukan Pengembangan ebook hypercontent berbasis kvisoft flipbook maker sebagai sumber belajar mata pelajaran seni budaya kelas VIII SMP Negeri 23 Banjarmasin. Adapun mata pelajaran seni budayaadipilih karena mata pelajaran ini sukar dipahami sehingga perlu sumber belajar yang dapat memperjelas materi, salah satunya menggunakan hypercontent yang menghubungkan dengan berbagai Platform sumber belajar seperti video, suara, dan lainnya ditandai dengan penggunaan QR Code didalamnya. Pengembangan ini menggunakan model 4D yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaituudefine, desain, develope dan dessiminate. Hasillakhir penelitian ini berupa produk yang layak sebagai sumber belajar berdasarkan uji validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran.


Keywords


E-Book; Hyper Content; Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Barbara B. Seels & Rita C. Richey. (1994). Teknologi pembelajaran : definisi dan kawasannya, Jakarta:Unit percetakan Universitas Negeri Jakarta.

Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nomor 719/P/2020, Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Miarso, Y. H. (2004). Menyemaim Benih Teknologi Pendidikan, Kencana Prenada Media Group.

Salim, A., Mansur, H., & Utama, A.H, (2020). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 20 (1).

Sarrab, M. & Elgamel, L. (2012). Mobile Learning (M-Learning) And Educational Environments. Distributed and Parallel Systems. 3(4), 31-38.

Setiawan, A., Mansur, H., & Mastur. (2020). Pengembangan E-Learning. Academiana Berbasis Moodle Untuk Mata Kuliah Komunikasi Pendidikan. Journal of Intructional Technology, 1(1), 13–19.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suparman, M & Atwi Z.A (2004). Pendidikan Jarak Jauh, Teori dan Praktek, Jakarta: Universitas Terbuka.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Developmen for Training Teachers of exceptional children. Indiana Univ. Bloomington.

Widoyoko. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License