PENGEMBANGAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK

Qizhaya Halima Tusshafna, Hamsi Mansur, Mastur Mastur

Abstract


Penggunaan smartphone yang semakin luas menciptakan potensi pemanfaatan sebagai media pembelajaran. Potensi pemanfaatan media smartphone kemudian mengarahkan tujuan akhir dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran mobile learning pada mata pelajaran pemrograman web dan perangkat bergerak di SMKN 4 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Metode yang digunakan dalam mengembangkan mobile learning adalah model Alessi & Trollip. Tahapan yang dilaksanakan dalam pengembangan mobile learning terdiri atas tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini mendapatkan skor kelayakan dari ahli media sebesar 95,56% dan 86,26% termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”, sementara skor kelayakan dari ahli materi didapat sebesar 79,63% dan 98,15% termasuk kedalam kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil kelayakan, media pembelajaran mobile learning telah dapat digunakan dalam proses pembelajaran sebagaimana mestinya.


Keywords


Aplikasi; Mobile Learning; Pemrogaman Web & Perangkat Bergerak

Full Text:

PDF

References


Alessi, S. M., & Trollip. (2001). Multimedia for Learning Methods and Development. USA: A Pearson of Education Company.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Katadata. (2020, Maret 25). databoks.katadata.co.id. Retrieved from databooks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/08/08/penggunasmartphone-di-indonesia-2016-2019.

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.

Seels, Barbara, B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. Jakarta: Assosiation Educational Communications and Technology.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.8875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License