PEMANFAATAN KAHOOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATEMATIKA PEMINATAN KELAS XII

Ruliyani Febriyanti, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Pemanfaatan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik karena dalam proses pembelajarannya menggunakan model pembelajran Inquiry yang mana peserta didik menggunakan kemampuan berpikir kritis, logis, dan sistematis untuk menemukan jawaban yang benar berdasarkan fakta. Selain itu, pemanfaatan Kahoot dalam proses pembelajarannya dapat menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga peserta didik bersemangat mengerjakan tugas yang diberikan pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi dan fakta di sekolah terkait pemanfaatan Kahoot, untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pemanfaatan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran matematika peminatan kelas XII MIA di SMAN 8 Barabai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental tipe nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan dan pengambilan data menggunakan wawancara, dokumentasi, studi literatur, sedangkan untuk hasil belajar menggunakan Uji T-tes. Hasil dari penelitian ini adalah pendidik mampu merencanakan, menggunakan, dan melaksanakan pembelajaran dengan pemanfataan Kahoot dalam pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik. nilai hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry. Serta terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen setelah menggunakan kahoot dengan model pembelajaran Inquiry. Sedangkan peserta didik pada kelas kontrol terjadi peningkatan hasil belajar juga akan tetapi belum mencapai nilai ketuntasan. Rekomendasi untuk pendidik dan peserta didik dapat memanfaatkan Kahoot dengan model pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran serta untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode dan menggabungkan variabel-variabel lain dengan model penelitiannya.

Keywords


Pemanfaatan Kahoot; Model Pembelajaran Inquiry; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 6, 145–155.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12, 22.

Daulae, T. H. (2019). Pemanfaatan Kawasan-Kawasan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Darul ’Ilmi, 07(02), 442–456.

Harlina, dkk. (2017). Pembelajaran Interaktif Berasaskan Aplikasi Kahoot dalam Pengajaran Abad Ke-21. Seminar Serantau, 627– 635.

Mafatih, I. dkk. (2021). Penggunaan Media Interaktif Kahoot Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 6 Singosari. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 138–147.

Maulida, R. dkk. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP Daarul Qur ’ An Internasional Cipondoh Tangerang. Jamaika : Jurnal Abdi Masyarakat, 1, 1–7.

Mansur, H., & Rafiudin, (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4. p38.

Ningsih, Y. L., Kesumawati, N., Fitriasari, P., Octaria, D., & Marga, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Aplikasi Kahoot Bagi Guru di SMA Negeri 11 Palembang. 1.

Nurjani, M., Mansur, H., & Mastur. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning. Journal of Instructional Technology, 2(1), 40–50.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Universitas Islam Jakarta

Warsihna, J., & Ramdani, Z. (2020). Signifikansi Kahoot: Interaksi Manusia Dan Mesin Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 08(02), 156. https://doi.org/http://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n2.p154--167

Official Website ‘Kahoot!”. (2017). kahoot.com/company/. Diakses pada 09 Agustus 2021.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License