PENGEMBANGAN MEDIA INFOGRAFIS DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII DI SMP KRISTEN BANJARMASIN

Thea Philia, Hamsi Mansur, Zaudah Cyly Arrum Dalu

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru dalam menyelesaikan masalah belajar yang terjadi karena terdampak pandemi, yaitu penurunan hasil belajar mata pelajaran prakarya pada siswa kelas VIII SMP Kristen Banjarmasin. Maka dari itu, peneliti mengembangangkan sebuah media pembelajaran infografis dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Four D Model) yang meliputi empat tahapan, diantaranya Define, Design, Develop, dan Disseminate. Dalam kegiatan pembelajaran, media pembelajaran infografis ini menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Teknik pengumpulan dan pengambilan data penilaian validasi ahli media dan ahli materi menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif menggunakan skala likert dengan rumus presentase, dan penilaian respon siswa menggunakan rumus N-gain. Hasil penelitian dari validasi kelayakan ahli media yaitu 98% dengan kategori “sangat layak” dan untuk kelayakan materi yaitu 92% dengan kategori “sangat layak”. Untuk respon siswa mendapatkan hasil 86% dengan kategori “sangat layak”. Dapat dilihat dari pretest yang diperoleh dari siswa memperoleh nilai sebesar 52, kemudian diberikan posttest dan memperoleh nilai sebesar 72. Hasil belajar siswa dinormalisasikan menggunakan rumus N-Gain yang memperoleh nilai sebesar 0,5 yang termasuk dalam kategori “sedang”. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari nilai posttest lebih baik dari pada pretest siswa setelah menggunakan media pembelajaran infografis.

Keywords


Media Infografis; Pendekatan Problem Based Learning; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. (2019). Problem Base Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan, 164–173. http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/download/173/118.

Armanto, R. P. (2020). PBL (Problem Based Learning) dan OSOCA (Objective Structured Student Oral Case Analysis).

Fadila Hersita, A., Kusdiana, A., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.

Haryati, S. (2012). ( R & D ) SEBAGAI SALAH SATU MODEL PENELITIAN DALAM.

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443.

Nafiah, Y. N. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53.

Satrio, A., & Gafur, A. (2017). Pengembangan visual novel game mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di sekolah menengah pertama. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10140.

Teni Nurrita. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 03, 171–187.

Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. . (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.

Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Infografis Sebagai Penguatan Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran.




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License