PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERMAINAN BOLA VOLI KELAS VII SMP NEGERI 5 BANJARMASIN

Wartinah Wartinah, Adrie Satrio, Agus Hadi Utama

Abstract


Penelitian ini untuk membantu guru dalam menyelesaikan masalah dengan mengembangkan video pembelajaran pada mata pelajaran PJOK  materi untuk meningkatkan keterampilan bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D: pendefinisian (define), perencangan (design), pengembangan (develop) serta penyebarluasan (disseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan angket. Analisis keefektifan dilakukan dengan pretest dan posttest. Data dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan skala likert untuk para ahli. Sedangkan respon peningkatan keterampilan menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian ini dari ahli materi skor rata-rata 96,4%. Menurut validator ahli media skor rata-rata 92,8%. Analisis validator ahli naskah bahasa skor rata-rata 88,5%. Dapat dihitung keseluruhan validasi oleh ahli materi, media, dan naskah bahasa mendapatkan rata-rata 80% atau sama dengan “Sangat baik”. Hasil Penelitian video pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan dengan rata-rata tes awal dan tes akhir yang dinormalisasikan didapatkan nilai rata-rata N-gain dengan nilai 0,42 kategori sedang, Sehingga pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan permainan bola voli ini sudah layak untuk digunakan.

Keywords


Video Pembelajaran; Keterampilan Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Nandang & Husnul. (2009) “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran” dalam jurnal Pendidikan dan pengajaran guru sekolah dasar 2”,No. 1 ( pp.10-11).

Syafril, S Eldarni,E,& Rahmi, U. (2018). Teknologi Pendidikan Peningkatan Kualitas dan Akses Pendidikan Jakarta: Prenada Media Grup.

Seels, Barbara B., and Rita C. Richey. (2000). Instructional technology: the efinition and domains of the field. Washington DC: AECT.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasar, Dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Fauziyyah, Z. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan berbicara siswa kelas III SDN Merjosari 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D Bandung: Alfabeta.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D Amerecan Education Reach Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Utama, A. H., & Salim, A. (2021). Program Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran. Journal of Innovation Research and Knowledge, Vol.1, No. 2, (pp.73-82).




DOI: https://doi.org/10.20527/j-instech.v4i1.8772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


SINTA Journal views Statistic 


J-INSTECH Journal of Instructional Technology 
is abstracting & indexing in the following databases:   

   logo-garuda      logo-scholar     JournalStories Main logo


Managed by:

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Universitas Lambung Mangkurat Jl. Brigjend H. Hasan Basry Gedung FKIP ULM Banjarmasin 70123 Telp/Fax . (0511) 330 4914
Phone: 089630065787
Email:  [email protected]


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License