Studi Komparasi Hasil Belajar Berbasis Zonasi

Fitri Raini, Sri Setiti, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan sekolah-sekolah yang telah menerapkan zonasi yang ditinjau dari rerata hasil Ujian Nasional. Metode penelitian digunakan deskriptif komparasi, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian  terdiri dari 17 sekolah yang tersebar di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data mengggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  ditemukan perbedaan yang signifikan hasil UN pada sekolah-sekolah antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi dengan harga t = 2,860 dengan p<0,05. (2) Sementara itu jika dilihat dari wilayah zonasi, pada zona wilayah I ditemukan perbedaan yang signifikan hasil UN antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi ditemukan dengan harga t = 31,603 dengan p<0,05. (3) Pada zona wilayah II ditemukan perbedaan yang signifikan hasil UN antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi ditemukan dengan harga t = 31,383 p<0,05 . (4) Pada zona wilayah III ditemukan perbedaan hasil UN yang signifikan hasil UN antara sebelum dan sesudah kebijakan zonasi ditemukan dengan harga t = 30,250 dengan p<0,05.


Keywords


hasil belajar; zonasi

Full Text:

PDF

References


Fahmi. (2011). Perbandingan Nilai Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika SMA Program IPA Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 17 (6), 1-7.

Fatmawati. (2016). Hubungan Antara Jarak Sekolah Dengan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Sindue di Desa Sumari Kec. Sindue. Kab Donggala. Jurnal Geo-Tadulako. 12 (7), 1-23.

Hidayat, F. (2017). Ini Tujuan Penerapan Sistem Zonasi Sekolah, Kata Mendikbud. Januari 2019 https://www.wartaekonomi.co.id/read147389/ini-tujuan-penerapan-sistem-zonasi-sekolah-kata-mendikbud.html.

Nomleni, Y. dkk. (2015). Pengaruh Lingkungan Geografis Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 22 (1), 1-6.

Prihatin, E. (2011). Manajemen Peserta Didik. Bandung : Alfabeta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018

Ramadhani, Y. (2018). Mendikbud : Sistem Zonasi adalah Landasan Penataan Reformasi Sekolah. Januari 2019 https://tirto.id/mendikbud-sistem-zonasi-adalah-landasan-penataan-reformasi-sekolah-cK3G.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Wirakartakusmah, M. A. Rencana Strategis BSNP. Badan Standar Nasional Pendidikan. 5-6.

Wulandari, Desi. dkk. (2018). Pengaruh Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Sistem Zonasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(9), 1-15.




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i1.2235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License