Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Sosial Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 8 Banjarmasin

Mursida Husna, Rizali Rizali, Melly Agustina Permatasari

Abstract


Penelitian ini bermaksud untuk memahami seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas berdasarkan kondisi belajar yang optimal, menunjukkan sikap tegas, memusatkan perhatian, dan memberi tujuan yang jelas terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini memakai penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini, sebanyak 142 anak didik yaitu seluruh siswa kelas X Jurusan Sosial di SMAN 8 Banjarmasin. Pengambilan sampel menggunakan teknik rumus Slovin, sehingga dapat ditentukan sampel sebanyak 106 siswa. Uji yang digunakan diantaranya: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linearitas. Sedangkan teknik analisis yang digunakan: uji regresi linier berganda, korelasi sederhana, korelasi parsial dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa kondisi belajar yang optimal (46,23%), menunjukkan sikap tegas (56,60%), memusatkan perhatian (50,94%), memberikan tujuan yang jelas (55,66%) kategori tinggi, dan motivasi belajar (75,47%) kategori tinggi. Nilai Fhitung sebesar 91,222 dengan p < 0,05 koefisien korelasi bersama sebesar 0,885 dan determinasi (R2) sebesar 78,3%. Terdapat pengaruh kondisi belajar yang optimal (X1), menunjukkan sikap tegas (X2), memusatkan perhatian (X3) memberikan tujuan yang jelas (X4) terhadap motivasi belajar (Y). Saran bagi siswa dapat meningkatkan mtivasi belajarnya, yaitu dengan meningkatkan keinginan untuk berhasil dalam belajar dan dorongan terhadap kebutuhan dalam belajar sehingga dapat mencapai cita-cita masa depan.


Keywords


pengelolaan kelas; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Majid, A. (2013). “Strategi Pembelajaran”. Bandung. Buana Murni

Sudijono, A. (2014). “Pengantar Statistik Pendidikan”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Priyatno, D. (2014). “SPSS 22 pengolah Data Terpraktis”. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hamzah, B. U. (2015). “Teori Motivasi dan Pengukurannya”. Jakarta: Bumi Aksara

Hasibuan, M. S. P. (2008). “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Cetakan ke-11. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2008. “Perencanaan dan desain system pembelajaran”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman, A.M. (2014). “Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar”. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Slameto. 2013. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suardi, M. (2015). “Urgensi Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 15 Bulukumba”. Jurnal Pendidikan. Makasar: Unhas.

Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License