Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Industri Kecil Dodol di Hulu Sungai Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan ekonomi kreatif pada industri kecil khusus nya dodol di daerah Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan serta mendeskripsikan bauran pemasaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Produksi pengrajin olahan dodol akan terus berkembang dikarenakan bahan baku yang mudah didapat dan selalu tersedia, ditambah para supplier bahan baku yang dapat mengantarkan bahan baku ketempat produksi mereka. (2) Proses pembuatan masih menggunakan cara yang tradisional tidak menggunakan mesin yang lebih canggih dikarenakan harga mesin yang mahal dan juga biaya perawatan yang tentu mahal. (3) Produksi rumahan yang tradisional dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar di daerah tempat rumah produksi, sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran didaerah kota Kandangan. (4) Kemasan masih sederhana hanya menggunakan plastik transparan sehingga kurang menarik bagi konsumen, tidak seperti produksi daerah lainnya yang memiliki tampilan kemasan yang menarik contohnya dodol didaerah Garut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiff, F. (2012). Kewirausahaan Dan Ekonomi Kreatif. Diunduh pada tanggal 29 oktober 2019 di http://sbm.binus.ac.id/files/2013/04/Kewirausahaan-dan-Ekonomi-Kreatif.pdf
Alma, B. (2018). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta diunduh pada tanggal 25 oktober 2019 di https://docplayer.info/42001661-Alma-buchari-kewirausahaan-edisi-revisi-cv-alfabeta-bandung-anassudjonopengantarevaluasipendidikanrajawalipersjakarta.html
Badan Pusat Statistik. (2019). Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dalam Angka 2019. Hulu Sungai Selatan
Bekraf. (2019). Kuliner. https://www.bekraf.go.id/subsektor/page/kuliner Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019
Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2019) Studi Imdustri Kreatif Indonesia 2019 Diunduh Pada Tanggal 30 September 2019 di http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ikpro/publication/buku-studi-dan-pengembangan-industri-kreatif-indonesia/
Ghazali, A . (2010). Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. Diunduh pada tanggal 18 Oktober 2019 di https://www.researchgate.net/publication/321753429_Ekonomi_kreatif_Kekuatan_baru_Indonesia_menuju_2025
Kekeyzakaria. (2017). Sejarah Kewirausahaan. https://kekeyzakaria5.wordpress.com/2017/01/03/ Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019
Kumparan. (2019). Menelusuri Perkembangan dan Potensi Industri Kreatif di Indonesia. https://kumparan.com/karjaid/menelusuri-perkembangan-dan-potensi-industri-kreatif-di-indonesia-1550828242361247154 Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019
Purwana ES, D., & Wibowo, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan DiPerguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratumbuysang. (2019). Kewirausaahan Dalam Pendidikan, Edisi 2.Banjarmasin: Artikata.
Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
SBS. "About Indonesian food". Australia. 6 September 2013. Diakses tanggal 30 September 2019.
SMK Negeri 1 Tembilahan. (2017). Kewirausahaan Usaha Kuliner. Makalah
Suciu, M. C. 2008. The Creative Economy. Diunduh pada Tanggal 28 September 2019 di https://www.researchgate.net/publication/42437328_THE_CREATIVE_ECONOMY
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Diunduh Pada Tanggal 25 Oktober 2019 di https://www.academia.edu/35673299/buku_metode_penelitian_pendidikan_sugiyono_Download_buku_metode_penelitian_pendidikan_sugiyono
Warta Ekonomi. (2018). Mengenal Bill Drayton. https://www.wartaekonomi.co.id/read175807/mengenal-bill-drayton-bapak-kewirausahaan-sosial-dunia.html Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019
Wikipedia. (2002). Industri Kreatif. https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019
DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i1.2239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123
Journal License:
Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License