Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Industri Kecil Dodol di Hulu Sungai Selatan

Akhmad Haudi, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, Mahmudah Hasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengembangan ekonomi kreatif pada industri kecil khusus nya dodol di daerah Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan serta mendeskripsikan bauran pemasaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1) Produksi pengrajin olahan dodol akan terus berkembang dikarenakan bahan baku yang mudah didapat dan selalu tersedia, ditambah para supplier bahan baku yang dapat mengantarkan bahan baku ketempat produksi mereka. (2) Proses pembuatan masih menggunakan cara yang tradisional tidak menggunakan mesin yang lebih canggih dikarenakan harga mesin yang mahal dan juga biaya perawatan yang tentu mahal. (3) Produksi rumahan yang tradisional dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar di daerah tempat rumah produksi, sehingga dapat membantu mengurangi angka pengangguran didaerah kota Kandangan. (4) Kemasan masih sederhana hanya menggunakan plastik transparan sehingga kurang menarik bagi konsumen, tidak seperti produksi daerah lainnya yang memiliki tampilan kemasan yang menarik contohnya dodol didaerah Garut.


Keywords


ekonomi kreatif; industri kecil; dodol kandangan

Full Text:

PDF

References


Afiff, F. (2012). Kewirausahaan Dan Ekonomi Kreatif. Diunduh pada tanggal 29 oktober 2019 di http://sbm.binus.ac.id/files/2013/04/Kewirausahaan-dan-Ekonomi-Kreatif.pdf

Alma, B. (2018). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta diunduh pada tanggal 25 oktober 2019 di https://docplayer.info/42001661-Alma-buchari-kewirausahaan-edisi-revisi-cv-alfabeta-bandung-anassudjonopengantarevaluasipendidikanrajawalipersjakarta.html

Badan Pusat Statistik. (2019). Kabupaten Hulu Sungai Selatan Dalam Angka 2019. Hulu Sungai Selatan

Bekraf. (2019). Kuliner. https://www.bekraf.go.id/subsektor/page/kuliner Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. (2019) Studi Imdustri Kreatif Indonesia 2019 Diunduh Pada Tanggal 30 September 2019 di http://indonesiakreatif.bekraf.go.id/ikpro/publication/buku-studi-dan-pengembangan-industri-kreatif-indonesia/

Ghazali, A . (2010). Ekonomi Kreatif: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. Diunduh pada tanggal 18 Oktober 2019 di https://www.researchgate.net/publication/321753429_Ekonomi_kreatif_Kekuatan_baru_Indonesia_menuju_2025

Kekeyzakaria. (2017). Sejarah Kewirausahaan. https://kekeyzakaria5.wordpress.com/2017/01/03/ Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019

Kumparan. (2019). Menelusuri Perkembangan dan Potensi Industri Kreatif di Indonesia. https://kumparan.com/karjaid/menelusuri-perkembangan-dan-potensi-industri-kreatif-di-indonesia-1550828242361247154 Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019

Purwana ES, D., & Wibowo, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan DiPerguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratumbuysang. (2019). Kewirausaahan Dalam Pendidikan, Edisi 2.Banjarmasin: Artikata.

Satori, D., & Komariah, A. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

SBS. "About Indonesian food". Australia. 6 September 2013. Diakses tanggal 30 September 2019.

SMK Negeri 1 Tembilahan. (2017). Kewirausahaan Usaha Kuliner. Makalah

Suciu, M. C. 2008. The Creative Economy. Diunduh pada Tanggal 28 September 2019 di https://www.researchgate.net/publication/42437328_THE_CREATIVE_ECONOMY

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Diunduh Pada Tanggal 25 Oktober 2019 di https://www.academia.edu/35673299/buku_metode_penelitian_pendidikan_sugiyono_Download_buku_metode_penelitian_pendidikan_sugiyono

Warta Ekonomi. (2018). Mengenal Bill Drayton. https://www.wartaekonomi.co.id/read175807/mengenal-bill-drayton-bapak-kewirausahaan-sosial-dunia.html Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019

Wikipedia. (2002). Industri Kreatif. https://id.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif Diakses pada Tanggal 25 Oktober 2019




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i1.2239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License