Pengaruh Minat Menjadi Guru terhadap Kebiasaan Belajar Mahasiswa
Abstract
Minat akan membentuk keberagaman belajar pada setiap mahasiswa sehingga membentuk kebiasaan pada setiap mahasiswa dalam belajarnya. Keberagaman tersebut tergantung individu masing-masing dalam belajar untuk mengembangkan minatnya pada profesi guru. Tujuan penelitian untuk: (1) Mengetahui minat mahasiswa pada profesi guru. (2) Mengetahui kebiasaan mahasiswa dalam belajar. (3) Mengetahui minat mahasiswa pada profesi guru yang mempunyai pengaruh pada kebiasaan mahasiswa dalam belajar. Kegunaan dalam penelitian ini untuk mengetahui data dilapangan sesuai kenyataan yang dihitungan menggunakan kuantitatif untuk menjawab hasil sebuah penelitian. Sampel yang diambil 160 menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) dengan rumus Slovin. Data yang diambil menggunakan kuesioner dan hasil jawaban responden dijadikan dokumentasi. Penganalisisan penelitian menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Minat mahasiswa pada profesi guru dengan persentase sebesar 79,39% berada pada kategori tinggi dilihat dari hasil sub variabel yaitu adanya wawasan dan informasi pada profesi guru, adanya perasaan senang, ketertarikan dan perhatian pada profesi guru serta keinginan, usaha dan keyakinan terhadap profesi guru. (2) kebiasaan mahasiswa belajar dengan persentase sebesar 71,85% berada pada kategori tinggi dilihat dari hasil sub variabel yaitu teknik mengikuti kuliah, teknik belajar mandiri di rumah, teknik belajar kelompok, teknik mempelajari buku pelajaran, teknik menghadapi ujian, membuat jadwal dan pelaksanaannya dan mengerjakan tugas. (3) adanya pengaruh minat mahasiswa pada profesi guru dengan kebiasaan belajar dengan nilai product moment rxy 0,290 berada pada interval 0,20-0,399 berada pada kategori rendah dilihat dari model summary pada hasil analisis regresi linier sederhana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, R. (2015). Hubungan Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi S1 PTM. JPTM. 4(1), 36 – 45.
Azanil, (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN di Kecamatan Samarinda Utara. ISSN. 5(1), 907-911.
Djaali, (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hikmawati, F. (2017). Metode Penelitian. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Lestari, S., & Ikah. (2014). Pengaruh Minat Menjadi Guru terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa. JIPIS. 20(1), 19-36.
Maipita, I., & Mutiara, T. (2018). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Universitas Negeri Medan T.A 2017/2018. Jurnal Ekonomi Pendidikan. 8(6), 34-43.
Ningsih, S. H., et. al. (2014). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Dukungan Orangtua dengan Prestasi Belajar. ISS. 6(2), 77-83.
Siregar, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surihatiningrum, J. (2016). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Werang, B. R. (2015). Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial. Yogyakarta: Calpulis.
DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i2.2424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123
Journal License:
Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License