Pengaruh Business Center terhadap Faktor Penentu Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran SMK Bina Banua Banjarmasin
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel pengaruh business center terhadap faktor penentu hasil belajar mata pelajaran produktif pemasaran Smk Bina Banua Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 62 orang siswa yang berasal dari kelas X dan XI program kejuruan pemasaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumemtasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Business center mempunyai pengaruh terhadap faktor penentu hasil belajar dengan Fhitung=3,724 dengan p<0,01 (signifikan). Pengaruh business center dengan faktor penentu hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar (R) 0,455 dengan determinasi (R²) 207.
Kata kunci : Business center, faktor hasil belajar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Edi. dkk (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakata. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 10(1), 22-30.
Hamid. A. & Sudira. P (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Smk Salafiyah Prodi Tkj Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 139-52.
Prabandari. T. P. & rasyid. A. A (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Business Center, Prakerin, dan Latar Belakang Keluarga Terhadap Kompetensi Berwirausaha, Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 1-14
Rachmawati. T. & Daryanto (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik, Yogyakarta: Gaya Media
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudaryono. (2015). Pengantar bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Whidya. U (2017). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat
DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i2.2429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123
Journal License:
Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License