Pengaruh Business Center terhadap Faktor Penentu Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran SMK Bina Banua Banjarmasin

Raudah Raudah, Rizali Hadi, Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel pengaruh business center terhadap faktor penentu hasil belajar mata pelajaran produktif pemasaran Smk Bina Banua Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 62 orang siswa yang berasal  dari  kelas X dan XI program kejuruan pemasaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumemtasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji  faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Business center mempunyai pengaruh terhadap faktor penentu hasil belajar dengan Fhitung=3,724 dengan p<0,01 (signifikan). Pengaruh  business center dengan faktor penentu hasil belajar ditunjukkan oleh koefisien regresi sebesar (R) 0,455 dengan determinasi  (R²) 207.

Kata kunci : Business center, faktor hasil belajar


Keywords


business center; faktor hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Edi. dkk (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa Smk Program Teknik Pemesinan Di Wilayah Surakata. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 10(1), 22-30.

Hamid. A. & Sudira. P (2013). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Smk Salafiyah Prodi Tkj Kajen Margoyoso Pati Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 139-52.

Prabandari. T. P. & rasyid. A. A (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Melalui Business Center, Prakerin, dan Latar Belakang Keluarga Terhadap Kompetensi Berwirausaha, Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 1-14

Rachmawati. T. & Daryanto (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik, Yogyakarta: Gaya Media

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor- faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudaryono. (2015). Pengantar bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Whidya. U (2017). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i2.2429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License