Analisis Penerapan Lintas Minat Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Jurusan MIPA Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 4 Banjarmasin

Viona Sari, Dwi Atmono

Abstract


Program lintas minat diadakan agar dapat memenuhi kebutuhan minat siswa diluar dari peminatannya. Penerapan lintas minat pada pemelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Banjarmasin telah melaksanakannya beberapa tahun terakhir, sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapannya khususnya pada siswa jurusan MIPA yang mengambil pemelajaran ekonomi pada tahun ajaran 2019/2020 dengan metode kualitatif serta triangulasi data atas pengamatan, interviu, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, pemilihan lintas minat tidak sesuai dengan minat siswa serta jumlah siswa di kelas melebihi 36 siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan silabus dengan pendekatan saintifik dan teori belajar konstruktivisme  serta didukung media, sumber belajar, serta sarana prasarana dari sekolah dengan jam pelaksanaan yang cukup, pembelajaran yang dihubungkan kehidupan siswa sehari-hari sehingga menumbuhkan kepercayaan diri serta berpikir kritis dan menciptakan prestasi siswa di pemelajaran ekonomi.

 

Kata Kunci: Lintas minat, Mata Pelajaran Ekonomi, MIPA


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Dinas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Dinas.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud. (2017). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor : 356/KEP/D/KR/2017. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.

Kemdikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2014). Permen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 64 tahun 2014 tentang Peminatan pada Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2017). Permen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. (2018). Permen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 tentang Perubahan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.

Kencana, C. (2019, November 12). Wawancara Awal Penelitian. (V. Sari, Interviewer)

Rohayati, I. (2011). Program Bimbingan Teman Sebaya Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal UPI, 368-376.

Sadiman, & dkk. (2010). MedianPendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode PenelitiannKuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Yusuf, A. M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v1i2.2430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License