Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Sistem Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Balikpapan Tahun Ajaran 2020/2021
Abstract
Kurangnya pemahaman siswa tentang materi pelajaran ekonomi dan lemahnya daya ingat maka berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini menjadi fokus permasalahan dalam penelitian ini, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan tindakan dengan menerapkan metode pembelajaran PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran PQ4R serta peningkatan hasil belajar ekonomi siswa kelas X setelah menggunakan metode pembelajaran PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA & IPS 5 SMAN 2 Balikpapan tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh proses yang dilakukan dengan metode pembelajaran PQ4R ini yaitu preview (melihat sekilas), question (bertanya), read (membaca), reflect (melihat kembali), recite (mengingat kembali), dan review (menyimpulkan atau mengkaji ulang) ternyata dapat membantu siswa yang memiliki daya paham dan ingat yang lemah menjadi kuat, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X dapat meningkat. Hasil belajar siswa dari siklus pertama diperoleh ketuntasan belajar yang dicapai yaitu sebanyak 84,99 % dan siklus kedua sebanyak 89,83 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X dapat meningkat melalui penerapan metode pembelajaran PQ4R. Penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran PQ4R pada proses pembelajaran supaya dapat meningkatkan hasil belajar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dina Mayasari. (2011). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Sarjana Pendidikan Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Farapatana, E., Anwar, Y.S., & Abdillah. (2019). Pengembangan Komik Matematika dengan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, & Review (PQ4R) Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 3(1), 1-6.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Irwanto. (2016). “Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pedosfer Kelas X SMA N 1 Matan Hilir Utara Kabupaten Ketapang. Skripsi Sarjana Pendidikan Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial, IKIP PGRI Pontianak.
Karwono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rajagrafindo Persada.
Kunandar. (2013). Penilaian otentik penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Linayaningsih. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite,Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan . 2(2), 76
Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal ,15(3), 329-344.
Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran; dilengkapi dengan 65 model pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan aplen (aplikasi online) sebagai upaya kemandirian belajar siswa. In seminar nasional pendidikan dasar. 1(1).
Puspita. 2(015). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro. 6, 117–128.
Rahayu. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Punggur. 5(2), 109-117.
Ratnawuri, Fikri, & Suprihatin. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro. 6(2), 117-128.
Saldana., Miles & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publications.
Singh, A. K., Srivastava, S., & Singh, D. (2015). Student Engagement as The Predictor of Direct and Indirect Learning Outcomes in The Management Education Context. Metamorphosis. 14(2), 20-29.
Suciawati. (2018). Kemampuan Komunikasi Siswa Terhadap Membaca Intensif Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Strategi PQ4R Di Kelas V SD Negeri 067952 Titi Kuning Medan .2(1), 91.
Sudarman. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Samarinda: Mulawarman. University Press.
_______. (2009). Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , dan Review ( PQ4R ). 4.(2), 67-72.
Suhery, Trimardi Jaya Putra, dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1(3).
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2014). Mendesain Metode Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta. Prenadamedia Group.
Ulfa & Saefudin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. 38.
Yuliana., I & fajriah., N. (2013). Penerapan Metode PQ4R Dalam Pembelajaran Matematika DI Kelas VII SMP. 1(1), 27-33.
DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.3977
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123
Journal License:
Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License