Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah

Ahmad Suriansyah, Akhmad Riandy Agusta, Ananda Setiawan

Abstract


Penelitian ini akan mendeskripsikan (1) karakteristik dan penerapan model blended learning ANTASARI; (2) Kesesuaian penerapan model blended learning ANTASARI; (3) efektifitas penerapan model blended learning ANTASARI dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memechkan masalah. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D . Sampel penelitian adalah siswa SD di Kandangan sebanyak 45 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, tes, dan angket. Observasi digunakan untuk mengetahui keefektifan penerapan model blended learning, peningkatan berpikir kritis, dan memecahan masalah Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik dan penerapan model blended learning ANTASARI terdiri dari Auditory, Negotiation, Team, Analysis, Somatic, Administer Information, Role Play dan Interaction on Games; (2) model blended learning ANTASARI layak digunakan sesuai hasil validasi 3 ahli dengan persentase validasi langkah pembelajaran 91%, peningkatan keterampilan 84,56% dan bahan ajar 86%. (3) model blended learning ANTASARI efektif dalam pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi dengan menggunakan instrumen soft dan social skills. Peningkatan setelah penerapan model blended learning, siswa yang mendapatkan kriteria tinggi pada kesadaran ekologis dari 6,7% meningkat menjadi 75,6%, berpikir kritis dari 8,8% meningkat menjadi 84,2% dan memecahan masalah dari 8, 2% meningkat menjadi 81,3%, Kesimpulannya adalah model blended learning ANTASARI dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memecahkan masalah.


Keywords


Blended Learning; ANTASARI; Berpikir Kritis; Memecahkan Masalah

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 453-459.

Ainindita Fania, N., Rudibyani, R. B., & Emmawaty Sofia, E. S. (2019). Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 469-481.

Al Fatihah, M. (2016). Hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar PAI siswa kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 197-108.

Alam, Q., & Bashir Uddin, A. (2013). Improving English oral communication skills of Pakistani public school’s students. International journal of English language teaching, 1(2), 17-36.

Alhaddad, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing Students' Communication Skills through Treffinger Teaching Model. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 6(1), 31-39.

Alwadai, M. A. (2014). Islamic Teachers' Perceptions of Improving Critical Thinking Skills in Saudi Arabian Elementary Schools. Journal of Education and Learning, 3(4), 37-48.

Amalia, N. F., & Susilaningsih, E. (2014). Pengembangan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi asam basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Amarila, R. S., Habibah, N. A., & Widiyatmoko, A. (2014). Pengembangan alat evaluasi kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran ipa terpadu model webbed tema lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2).

Amini, R., & Munandar, A. (2010). Pengaruh model pembelajaran pendidikan lingkungan berbasis outdoor terhadap penguasaan konsep pendidikan lingkungan bagi calon guru sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 14-21.

Atmojo, S. E. (2013). Penerapaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(2).

Atmono, D., Rahmattullah, M., & Setiti, S. (2018, December). Identification of Economic Learning Resources Based on Ecopedagogy. In 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018). Atlantis Press.

Auliyah, N., & Nurita, T. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Sub Materi Tekanan Zat Cair untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surabaya. PENDIDIKAN SAINS, 7(2).

Azka, R., & Santoso, R. H. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran kalkulus untuk mencapai ketuntasan dan kemandirian belajar siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78-91.

Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.

Broad, J. (2006). Interpretations of independent learning in further education. Journal of further and higher education, 30(02), 119-143.

Bucher, J. A., Houts, P. S., Nezu, C. M., & Nezu, A. M. (1999). Improving problem-solving skills of family caregivers through group education. Journal of Psychosocial Oncology, 16(3-4), 73-84.

Budiyanto, A. M., & Rohaeti, E. E. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa SMA melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 166-172.

Burton, W. (2019). Ecopedagogy, The Earth Charter, and Manitoba curriculum: a critical content analysis.

Butchart, S., Forster, D., Gold, I., Bigelow, J., Korb, K., Oppy, G., & Serrenti, A. (2009). Improving critical thinking using web based argument mapping exercises with automated feedback. Australasian Journal of Educational Technology, 25(2).

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017, February). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

Calsteren, K. V., Heyns, L., Smet, F. D., Eycken, L. V., Gziri, M. M., Gemert, W. V., ... & Amant, F. (2010). Cancer during pregnancy: an analysis of 215 patients emphasizing the obstetrical and the neonatal outcomes.

Cavus, N., & Uzunboylu, H. (2009). Improving critical thinking skills in mobile learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 434-438.

Chau, J., & Cheng, G. (2010). Towards understanding the potential of e-portfolios for independent learning: A qualitative study. Australasian Journal of Educational Technology, 26(7).

Chung, Y., Yoo, J., Kim, S. W., Lee, H., & Zeidler, D. L. (2016). ENHANCING STUDENTS’COMMUNICATION SKILLS IN THE SCIENCE CLASSROOM THROUGH SOCIOSCIENTIFIC ISSUES. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(1), 1-27.

Cornoldi, C., Carretti, B., Drusi, S., & Tencati, C. (2015). Improving problem solving in primary school students: The effect of a training programme focusing on metacognition and working memory. British Journal of Educational Psychology, 85(3), 424-439.

Craig, S. D., Chi, M. T., & VanLehn, K. (2009). Improving classroom learning by collaboratively observing human tutoring videos while problem solving. Journal of educational psychology, 101(4), 779.

Desfandi, M., & Maryani, E. (2017). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI EKOLOGIS PESERTA DIDIK. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(2), 30-38.

Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis lingkungan dengan media internet dalam pembelajaran asam basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50-55.

Dewi, R. S., Kultsum, U., & Armadi, A. (2017). Using Communicative Games in Improving Students' Speaking Skills. English Language Teaching, 10(1), 63-71.

Dewi, S. S., Uswatun, D. A., & Sutisnawati, A. (2020). Penerapan model inside outside circle untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi. utile: Jurnal Kependidikan, 6(1), 86-91.

Dickerson, C., Jarvis, J., & Stockwell, L. (2016). Staff–student collaboration: student learning from working together to enhance educational practice in higher education. Teaching in Higher Education, 21(3), 249-265.

Diziol, D., Walker, E., Rummel, N., & Koedinger, K. R. (2010). Using intelligent tutor technology to implement adaptive support for student collaboration. Educational Psychology Review, 22(1), 89-102.

Djamas, D., & Tinedi, V. (2018). Development of Interactive Multimedia Learning Materials for Improving Critical Thinking Skills. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 14(4), 66-84.

Duran, M., & Dökme, İ. (2016). The effect of the inquiry-based learning approach on student’s critical thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(12), 2887-2908.

Dwijananti, P., & Yulianti, D. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah fisika lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Enersy, D., Karyadi, B., & Winarni, E. W. (2017). Studi Komunitas Nekton Di Kawasan Konservasi Kura-Kura Universitas Bengkulu Dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Lingkungan. PENDIPA Journal of Science Education, 1(1), 55-61.

Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP-IT AR Rahmah Pacitan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2).

Eviyanti, C. Y., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the students’ mathematical problem solving ability by applying problem based learning model in VII grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138-144.

Facione, P., A. (2011). Measure reasons critical thinking: what it is and why it counts (rev. ed.). Millbrae, CA: Insight Assessment.

Fadli, A. (2020). The effect of local Wisdom-Based ELSII learning model on the problem solving and communication skills of Pre-Service Islamic Teachers. International Journal of Instruction, 13(1), 731-746.

Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman, S. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa smp dengan menggunakan model investigasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

Fauziyah, S., & Hendriani, A. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN KERJASAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 196-210.

Field, R., Duffy, J., & Huggins, A. (2015). Teaching Independent Learning Skills in the First Year: A Positive Psychology Strategy for Promoting Law Student Well-Being. Journal of Learning Design, 8(2), 1-10.

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40.

Fitria, Y., Hasanah, F. N., & Gistituati, N. (2018). Critical Thinking Skills of Prospective Elementary School Teachers in Integrated Science-Mathematics Lectures. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 597-603.

Fitriana, W., & Mulyono, D. (2019). IMPLICATION OF INTERNSHIP III PROGRAM ON ECOLOGICAL AWARENESS OF CIHAMPELAS VILLAGE COMMUNITY. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 6(2), 203-208.

Fitriati, M., Sahputra, R., & Lestari, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1).

Fitriyani, D., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Penggunaan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal bioterdidik, 7(3).

Grace, D. M., & Gilsdorf, J. W. (2004). Classroom strategies for improving students’ oral communication skills. Journal of Accounting Education, 22(2), 165-172.

Hafida, S. H. N., Rokhmah, A. I. N., Kuncara, R. B., Wardani, V. A., Novianti, A. D., Yuniandari, K., ... & Zainuddin, A. (2020). Green Literature untuk Menumbuhkembangkan Kesadaran Ekologis di SD Muhammadiyah Program Khusus Bayat, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 37-43.

Han, G., McCubbins, O. P., & Paulsen, T. H. (2016). Using Social Network Analysis to Measure Student Collaboration in an Undergraduate Capstone Course. Nacta Journal, 60(2).

Handayani, L., Nyoman, N., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mandiri terhadap Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Hanlan, L. R., Ziino, R. A., & Hoffman, A. H. (2013, October). Assessing student information literacy skills and the effectiveness of an evolving faculty-librarian collaboration in a first year design course. In 2013 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE) (pp. 1444-1446).IEEE.

Harrison, M. E., & Whalley, W. B. (2006). Combining student independent learning and peer advice to improve the quality of undergraduate dissertations. Planet, 16(1), 15-18.

Hartati, B. (2010). Pengembangan alat peraga gaya gesek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Haryanti, A., & Suwarma, I. R. (2018). Profil keterampilan komunikasi siswa SMP dalam pembelajaran IPA berbasis STEM. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 49-54.

Hasan, S., Tumbel, F. M., & Corebima, A. D. (2013). Empowering critical thinking skills in Indonesia Archipelago: Study on elementary school students in Ternate. Notes, 7(X4), O8.

Haycock, K. (2007). Collaboration: Critical success factors for student learning. School Libraries Worldwide, 13(1), 25

Herdianawati, S. (2013). Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) inkuiri berbasis berpikir kritis pada materi daur biogeokimia kelas x. BioEdu, 2(1), 99-102.

Holland, C., & Muilenburg, L. (2011, March). Supporting student collaboration: Edmodo in the classroom. In Society for Information Technology & Teacher Education International Conference (pp. 3232-3236). Association for the Advancement of Computing in Education (AACE).

Hung, C. M., Hwang, G. J., & Huang, I. (2012). A project-based digital storytelling approach for improving students' learning motivation, problem-solving competence and learning achievement. Journal of Educational Technology & Society, 15(4), 368-379.

Husnah, N. U., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Think Talk Write Learning Model in Improving Students’ Mathematical Communication Skills at MTs Al Jami'yatul Washliyah Tembung. Internasional Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 34(2).

Hwang, G. J., Chen, C. Y., Tsai, P. S., & Tsai, C. C. (2011). An expert system for improving web-based problem-solving ability of students. Expert Systems with Applications, 38(7), 8664-8672.

Hwang, G. J., Hung, C. M., & Chen, N. S. (2014). Improving learning achievements, motivations and problem-solving skills through a peer assessment-based game development approach. Educational Technology Research and Development, 62(2), 129-145.

Inten, D. K., & Hermawan, R. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 444-451.

Jannah, R. (2018). Menciptakan Kewarganegaraan Ekologis di Era Digital Melalui Kampoeng Recycle Jember. Journal of Urban Sociology, 1(2), 14-26.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Kadarisma, G. (2017). Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP dalam Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 61-66.

Kasapoğlu-Akyol, P. (2010). USING EDUCATIONAL TECHNOLOGY TOOLS TO IMPROVE LANGUAGE AND COMMUNICATION SKILLS OF ESL STUDENTS. Novitas-Royal, 4(2).

Kashefi, H., Ismail, Z., & Yusof, Y. M. (2012). The impact of blended learning on communication skills and teamwork of engineering students in multivariable calculus. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 56, 341-347.

Kettler, T. (2014). Critical thinking skills among elementary school students: Comparing identified gifted and general education student performance. Gifted Child Quarterly, 58(2), 127-136.

Le, H., Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 103-122.

Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Maričić, S., & Špijunović, K. (2015). Developing critical thinking in elementary mathematics education through a suitable selection of content and overall student performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 180, 653-659.

Maričić, S., & Špijunović, K. (2015). Developing critical thinking in elementary mathematics education through a suitable selection of content and overall student performance. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 180, 653-659.

Meyer, B., Haywood, N., Sachdev, D., & Faraday, S. (2008). What is independent learning and what are the benefits for students. Department for Children, Schools and Families Research Report, 51.

Moolenaar, N. M., Sleegers, P. J., & Daly, A. J. (2012). Teaming up: Linking collaboration networks, collective efficacy, and student achievement. Teaching and teacher education, 28(2), 251-262.

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Didaktik, 9(1), 40-51.

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Didaktik, 9(1), 40-51.

Napitupulu, E. E. (2008). Mengembangkan strategi dan kemampuan siswa memecahkan masalah matematik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 26-36.

Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 259-266.

Nasution, P. R. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paidagogeo, 2(1), 46-62.

Neka, I. K., Marhaeni, M. P. A. N., & Suastra, M. P. P. I. W. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Ningrum, M. F. C. P., Slameto, M. P., & Widyanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Bidang Studi IPA Melalui Penerapan Model Group Investigation Bagi Siswa Kelas 5 SDN Kumpulrejo 2. Wahana Kreatifitas Pendidik (WKP), 1(3), 7-13.

Novikasari, I. (2009). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(2), 346-364.

Nugroho, P. A. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Lingkungan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2).

Nurhayati, E. (2017). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemandirian belajar siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 3(1), 21-26.

Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).

Ofstedal, K., & Dahlberg, K. (2009). Collaboration in student teaching: Introducing the collaboration self-assessment tool. Journal of Early Childhood Teacher Education, 30(1), 37-48.

Oktaviani, A. N., & Nugroho, S. E. (2015). Penerapan Model Creative Problem Solving pada Pembelajaran Kalor untuk meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(1).

Okur-Berberoglu, E. (2015). The Effect of Ecopodagogy-Based Environmental Education on Environmental Attitude of In-service Teachers. International Electronic Journal of Environmental Education, 5(2).

Okur-Berberoglu, E. (2017). Ecological Dynamics Model and Ecopedagogy-Based Outdoor Experiential Education. International Electronic Journal of Environmental Education, 7(2), 134-151.

Özreçberoğlu, N., & Çağanağa, Ç. K. (2018). Making it count: Strategies for improving problem-solving skills in mathematics for students and teachers’ classroom management. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1253-1261.

Pokorny*, M., & Pokorny, H. (2005). Widening participation in higher education: student quantitative skills and independent learning as impediments to progression. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 36(5), 445-467.

Pradana, S. D. S., Parno, P., & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi Optik Geometri untuk mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51-64.

Pramana, W. D., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan E-Book IPA Terpadu Tema Suhu dan Pengukuran untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3).

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri dan kemandirian belajar pada siswa SMA negeri “X”. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49.

Pratiwi, P. H. (2019, December). Eco-pedagogy on Senior High School: A Proposal for Ecological Issues in Teaching Sociology. In International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (pp. 127-137). RedWhite Press.

Rahayu, G. D. S., & Setiyadi, R. (2018). Penerapan Model Project Citizen dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Ekologis. Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), 31-42.

Rahayu, I. A. T., & Adistana, G. A. Y. P. (2018). Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah melalui Pembelajaran Berdasar Masalah. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(2), 86-91.

Rahayu, T. S. (2019). Perbedaan Efektivitas Group Investigation dengan Problem Based Learning terhadap Kerjasama Siswa Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas 5 SD Gugus Joko Tingkir. Jurnal Basicedu, 3(1), 66-75.

Rahma, A. N. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Berpendekatan SETS Materi Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa terhadap Lingkungan. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 1(2).

Rahmah, A. I., & Sudiyanto, D. O. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Tata Arta UNS, 2(1), 73-83.

Redhana, I. W. (2013). Model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dan Pengajaran, 46(1).

Ricketts, J., C., & Rudd, R., D. (2005). Critical thinking skills of selected youth leaders: the efficacy of critical thinking dispositions, leadership, and academic performance. Journal of Agricultural Education,Morgantown, 46 (1), 32-43.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Rosma, F. (2018). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH. Prosiding Biotik, 2(1).

Saremi, H., & Bahdori, S. (2015). The relationship between critical thinking with emotional intelligence and creativity among elementary school principals in Bojnord city, Iran. International Journal of Life Sciences, 9(6), 33-40.

Sari, A. D., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Creative Problem Solving (CPS) dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 245-252).

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153-166.

Sarjana, S. P. PENGEMBANGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS ECOPEDAGOGY PADA SISWA DILINGKUNGAN PESISIR.

Savery, J., R. (2006). Overview of problem-based learning: definitions and distinctions. The Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, West Lafayette, Indiana, USA, 1 (1), 9-20.

Scalise, K. (2016). Student Collaboration and School Educational Technology: Technology Integration Practices in the Classroom. Journal on School Educational Technology, 11(4), 53-63.

Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 147-154.

Setiyoningsih, T. (2017). Pengelolaan pembelajaran ipa berbasis lingkungan di smpn 1 gabus-grobogan. Manajemen Pendidikan, 12(1), 1-9.

Setyawan, D. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Karanganyar, Ngawi, Tahun Ajaran 2014-2015.

Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18-24.

Simamora, R. E., Sidabutar, D. R., & Surya, E. (2017). Improving learning activity and students’ problem solving skill through problem based learning (PBL) in junior high school. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(2), 321-331.

Sinprakob, S., & Noawanit Songkram. (2014). A proposed model of problem-based learning on social media in cooperation with searching technique to enhance critical thinking of undergraduate student. Proceeding and Conference INTE 2014, London, 174, 2027-2030.

Siregar, Y. E. Y., Rachmadtullah, R., Pohan, N., & Zulela, M. S. (2019, March). The impacts of science, technology, engineering, and mathematics (STEM) on critical thinking in elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012156). IOP Publishing.

Smith, M. D., & Dailey, A. B. (2013). Improving and assessing information literacy skills through faculty-librarian collaboration. College & Undergraduate Libraries, 20(3-4), 314-326.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2014). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47(1).

Sulastri, E., Haryadi, T., & Inayah, E. (2019). Tingkat Kesadaran Ekologis Masyarakat Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Jurnal Kawistara, 9(1), 78-90.

Sulianto, J. (2012). Keefektifan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended dalam pemecahan masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6).

Sulianto, J. (2012). Keefektifan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open ended dalam pemecahan masalah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(6).

Sumarmo, U. (2004, July). Kemandirian belajar: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. In Makalah pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta Tanggal (Vol. 8).

Sumarmo, U. (2006). “Kemandirian belajar: Apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik” Paper presented at Seminar of Mathematics Education in Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Science, State University of Yogyakarta. Makalah dimuat dalam Suryadi, D, Turmudi, Nurlaelah, E. (Penyelia). Kumpulan Makalah Proses Berpikir dan Disposisi Matematik dan Pembelajarannya. 2014. Hal. 129-122. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zulkarnaen, R., Hamidah, Sariningsih, R. (2012). “Kemampuan dan disposisi berpikir logis, kritis, dan kreatif matematis: Eksperiment terhadap Siswa SMA menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan strategi Think-Talk-Write”. Makalah dimuat dalam Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.

Surata, S. P. K., Jayantini, I. G. A. S. R., & Lansing, J. S. (2015). Engaging Student Teachers in Designing Ecopedagogy Learning Modules for Bali's Subak Cultural Landscape. NACTA Journal, 59(2), 139.

Surur, M., Triyono, T., & Handarini, D. M. (2016). Keefektifan Problem Solving Strategy (PSS) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2211-2219.

Surur, M., Triyono, T., & Handarini, D. M. (2016). Keefektifan Problem Solving Strategy (PSS) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2211-2219.

Surya, E., & Putri, F. A. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.

Surya, E., Sabandar, J., Kusumah, Y. S., & Darhim, D. (2013). Improving of junior high school visual thinking representation ability in mathematical problem solving by CTL. Journal on Mathematics Education, 4(1), 113-126.

Sutarno, E., & Mukhidin, M. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran untuk Meningkatkan hasil dan Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3).

Sutisna, A. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Blended learning pada Pendidikan Kesetaraan Program Paket C dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 156-168.

Swandhana, K., Churiyah, M., & Juariyah, L. (2016). Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa melalui Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 2(3), 161-169.

Syahbana, A. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02).

Syutharidho, S., & Rakhmawati, R. (2015). Pengembangan Soal Berpikir Kritis untuk Siswa SMP Kelas VIII. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 219-227.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Trisdiono, H., Siswandari, S., Suryani, N., & Joyoatmojo, S. (2019). Multidisciplinary Integrated Project-based Learning to Improve Critical Thinking Skills and Collaboration. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(1), 16-30.

Tyaswati, N. A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Tema Pengalamanku Menggunakan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT). JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(2), 123-132.

Ural, O. (2007). Attitudes of Graduate Students Toward Distance Education, Educational Technologies and Independent Learning. Online Submission, 8(4), 34-43.

Usman, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(3).

Vieira, R. M., & Tenreiro-Vieira, C. (2016). Fostering scientific literacy and critical thinking in elementary science education. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(4), 659-680.

Wagener, D. (2006). Promoting independent learning skills using video on digital language laboratories. Computer Assisted Language Learning, 19(4-5), 279-286.

Wahyuni, S. (2015, September). Pengembangan bahan Ajar IPA untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. In Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015. Sebelas Maret University.

Warren, W. J., Memory, D. M., & Bolinger, K. (2004). Improving critical thinking skills in the United States survey course: An activity for teaching the Vietnam war. The History Teacher, 37(2), 193-209.

Weissinger, Peggy A. 2004. Enhancing Thinking through Problem-based Learning Approaches. Singapore: Thomson Learning.)

Whipple, J. L., Lambert, M. J., Vermeersch, D. A., Smart, D. W., Nielsen, S. L., & Hawkins, E. J. (2003). Improving the effects of psychotherapy: the use of early identification of treatment and problem-solving strategies in routine practice. Journal of Counseling Psychology, 50(1), 59.

Yanti, E., Haryani, S., & Supardi, K. I. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Koloid Bermuatan Karakter Berbasis Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 4(1).

Yeh, M. L., & Chen, H. H. (2005). Effects of an educational program with interactive videodisc systems in improving critical thinking dispositions for RN-BSN students in Taiwan. International Journal of Nursing Studies, 42(3), 333-340.

Yulianti, N. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Karakter. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis ekopedagogik dalam menumbuhkan kesadaran ekologis dan mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 27-34.

Yunansah, H., Kuswanto, K., & Abdillah, F. EKOPEDAGOGIK: ANALISIS POLA PENDIDIKAN DI SEKOLAH ALAM BANDUNG. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 115-124.

Yusuf Rodhi, M. O. H. A. M. M. A. D. (2014). Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Yusuf, M., Tarjiah, I., & Satibi, O. (2018). PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS. Tunas Bangsa Journal, 5(2), 124-132.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Trisnawati, W. (2018, June). Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Melalui Kombinasi Pembelajaran Indoor dan Outdoor Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 148-155).

Zulfikar, H. A., Supriatna, N., & Nurbaeti, I. (2020, March). Theoretical Aspects Of Ecological Intelligence Development Of Students In Elementary Schools. In International Conference on Elementary Education (Vol. 2, No. 1, pp. 803-813).

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 63-70.




DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JEE has been Accredited by:


JEE has been Indexed/Abstracted/Listed by:

 

 

 

 

 

 

Managed by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123

  

Journal License:


Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License