Development of E-LKPD through a Problem-Based Learning Approach for Improving Student Learning Motivation at SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index .php/didaktika/ article/view/181
Basuki, A., Mahnunah, A., Churiyah, M., Arief, M., & Dharma, B. A. (2020). Electronic Module Practices Development for Office Technology Course to Produce Advanced Administrative Teachers. Advances in Economics, Business and Management Research, 152, 356–365. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.039
Churiyah, M., Basuki, A., Filianti, Sholikhan, & Akbar, M. F. (2022). Canva for Education as a Learning Tool for Center of Excellence Vocational School (SMK Pusat Keunggulan) Program to Prepare Competitive Graduates in the Field of Creativity Skills in the Digital Age. International Journal of Social Science Research and Review, 5(5), 226–234. https://ijssrr.com/journal/article/view/228
Churiyah, M., Subagyo, Basuki, A., Dharma, B. A., Filianti, & Sakdiyyah, D. A. (2020). Mobile Learning Application Berbasis Android : Peran Guru dalam Pembelajaran Peserta Didik Gen Z & Alfa. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 283–295. http://journal2. um.ac.id/index.php/jgp/article/view/17742
Crisp, G. (2011). Teacher’s Handbook on E-Assessment (G. Crisp (ed.); 1st ed.). Australia: Departemen Pendidikan, Ketenagakerjaan, dan Hubungan Kerja Pemerintah Australia.
https://ltr.edu.au/resources/Crisp_Handbook_2012.pdf
Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial: Teori Konsep Dasar dan Implementasi. Alfabeta.
Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36–42. http://journal.ummat.ac.id/ index.php/jtam/article/view/259
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/ download/31524/18004
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/view/596/559difef
Khairinal, Suratno, & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/583
Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-Book Interaktif. JKTP, 1(1), 71–76. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3529
Lidinillah, D. A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7. http://file.upi.edu/Direktori/KD-Tasikmalaya/ Dindin_Abdul_Muiz_Lidinillah_(Kd-Tasikmalaya)-1979011320050 11003/132313548 - dindin abdul muiz lidinillah/Problem Based Learning.pdf
Martiani, U. D., & Tetep. (2018). The Effectiveness of Using Video Tutorial to Improving Learning Motivation of Civic Education. Civics & Social Studies, 2(2), 105–115. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/journalcss/article/viewFile/515/461
Rosa, D. M., Wildan, Hadisaputra, S., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Larutan Asam Basa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Chemistry Education Practice, 5(1), 60–65. https://doi.org/10.29303/cep .v5i1.2928
Saguni, F. (2013). Efektivitas Metode Problem Based Learning, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, dan Ceramah sebagai Problem Solving dalam Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 3(1), 207–219. https://journal.uny.ac.id/index.php /cp/article/view/1478/pdf
Sahidu, H., Gunawan, Indriaturahmi, & Astutik, F. (2017). Desain Sistem E-Assessment pada pembelajaran Fisika di LPTK. Jurnal Pendidikan Ipa Dan Teknologi, 3(1), 265–270. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.422
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2012). Motivasi dalam Pendidikan : Teori Penelitian dan Aplikasi (3rd ed.) (3rd ed.).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.
Suharsono, & Handayani, S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets dalam Pembelajaran Online. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 121–126. https://jurnal.unitri.ac.id/ index.php/inteligensi/article/view /2995
Susanti, I., Sholikhan, & Ain, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Matawai Iwi. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.5289
Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Problem Based Learning. In Deepublish (Vol. 1, Issue 1). Deepublish. https://scholar.google.com/citations?view_op=view _citation &hl=en&user=ybgyaugaaaaj&pagesize=100&citation_for_view=ybg yaugaaaaj:hfor9npywt4c
Widiyati, T. U., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2015). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Retensi Menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) dan Ceramah Bervariasi pada materi Keanekaragaman Hayati Indonesia Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(1), 53–58. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pdg/article/view /7336
Yuliani H, K., & Winata, H. (2017). Media Pembelajaran mempunyai Pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i1.14606
DOI: https://doi.org/10.20527/jee.v4i1.7835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Jl. Brigjend H. Hasan Basry, Kampus ULM Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, 70123
Journal License:
Journal of Economics Education and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License