Evaluasi fuel ratio peralatan mekanis dalam kegiatan pembongkaran overburden PT Borneo Alam Semesta
Abstract
PT Borneo Alam Semesta menggunakan metode penambangan tambang terbuka yang didukung dengan peralatan mekanis backhoe untuk pembongkaran dan dump truck untuk pengangkutan material overburden, Salah satu penentu keberhasilan metode penambangan adalah seberapa besar produktivitas alat mekanis yang digunakan. Besarnya produktivitas juga harus diimbangi dengan penggunaan bahan bakar yang efektif. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengevaluasi pencapaian target fuel ratio, serta memberi rekomendasi untuk mengoptimalkan nilai fuel ratio alat gali muat dan alat angkut. Metode yang digunakan adalah mengevaluasi hasil produktivitas dan penggunaan bahan bakar yang dipengaruhi oleh kondisi lapangan, kondisi alat yang digunakan, cycle time, grade resistance dan rolling resistance, sehingga diperoleh nilai fuel ratio. Setelah melakukan evaluasi hasil pencapaian target fuel ratio alat gali muat Hitachi ZX450 yaitu sebesar 92%. Sedangkan pencapaian target fuel ratio alat angkut Volvo FM370 yaitu 87%. Perbaikan fuel ratio alat gali muat dilakukan dengan menurunkan front kerja yang dapat menurunkan cycle time, pengawasan terhadap operator untuk meningkatkan efisiensi yang akan membuat produktivitas meningkat dan membuat fuel ratio menjadi kecil. Perbaikan fuel ratio alat angkut dilakukan dengan menambah kecepatan rata-rata alat angkut pada hauling bermuatan maupun tidak bermuatan sehingga cycle time menjadi turun dan dapat meningkatkan produktivitas dan membuat fuel ratio kecil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Y. Indonesianto, Pemindahan Tanah Mekanis. Yogyakarta: Jurusan Teknik Pertambangan UPN “Veteran” Yogyakarta, 2014.
M. R. Rizki, R. N. Hakim, and K. S. Putri “Analisis Faktor yang Mempengaruhi efisiensi kerja pada produktifitas alat gali-muat overburden di PT Multi Tambangjaya Utama.” Jurnal Himasapta, vol 8, no 3, pp. 159-164, 2023.
A. Suwandhi, Diklat Perencanaan Tambang Terbuka. Bandung: Universitas Islam Bandung, p.2-5, 2004.
V. V. Aksenov et al, "Evaluating the impact of excavator bucket capacity on the output of a haul truck in different variants of their positioning," in Journal of Physics: Conference Series, Veliky Novgorod, 2021.
E. Harsiga and A. P. Rahayu “Analisa Fuel Rasio Plan dan Aktual Alat Angkut Articulated Dump Truk Volvo A35E dan A40G pada Pengangkutan Overburden di PT LDA, lahat, Sumatera Selatan.” Jurnal Teknik Patra Akademika , vol 12, no 3, pp 47-54, 2021.
M. A. Seboru, "An investigation into factors causing delays in road construction projects in Kenya," American Journal of Civil Engineering, vol. 3, no. 3, pp. 51-63, 2015.
J. L. V. Mariz and A. Soofastaei. Advanced Analytics for Surface Mine Planning. In: Soofastaei, A. (eds) Advanced Analytics in Mining Engineering. Springer, Cham, 2022.
Blom, M., Pearce, A. R., & Stuckey, P. J. (2019). Short-term planning for open pit mines: a review. International Journal of Mining, Reclamation and Environment, 33(5), 318-339.
R. Yovanda, Evaluasi Biaya Fuel Pengupasan Overburden Di PIT 7C PT. Utama Wira Karya Jaya Perkasa Subkontraktor PT. Baturona Adimulya Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Media STIE Prabumulih, 7(2), 32-42, 2023.
A. Armando, Evaluasi Penggunaan Fuel Index dalam Proses Penambangan di Pit S5 Selatan PT Riau Baraharum. Indonesian Mining and Energy Journal, 1(2). 2018.
DOI: https://doi.org/10.20527/jhs.v9i2.13301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Contact
Mining Engineering Study Program, Faculty of Engineering ULM
Jl. Jenderal Achmad Yani KM 35,5 Banjarbaru,
South Kalimantan – 70714
statistics counter
View My Stats Jurnal Himasapta
Jurnal Himasapta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License