ANALISIS OPTIMALISASI FUEL RATIO PERALATAN MEKANIS DALAM AKTIFITAS PENGGALIAN DAN PENGANGKUTAN OVERBURDEN PT MADHANI TALATAH NUSANTARA
M. Arief Rahman Himawan, Nurhakim Nurhakim, Annisa Annisa
Abstract
PT Madhani Talatah Nusantara menggunakan alat gali muat PC 2000 dengan bucket 14 m3 memiliki target produktivitas sebesar 750 bcm/jam serta target fuel burn sebesar 130 liter/jam dengan target nilai fuel ratio sebesar 0,173 liter/bcm dan alat angkut HD 785-7 memiliki target produktivitas sebesar 160 bcm/jam serta target memiliki target fuel burn sebesar 60 liter/jam dengan target nilai fuel ratio sebesar 0,37 liter/bcm material overburden, setelah melakukan kegiatan penggalian dan pengangkutan maka perlu adanya analisa untuk mengetahui tingkat pencapaian target dan pemakaian fuel burn tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data primer dan sekunder serta menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai dari fuel ratio alat gali muat dan alat angkut melebihi dari target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas PC 2000 dan HD 785-7 adalah waktu edar, efisiensi kerja dan kondisi jalan angkut. Waktu edar PC 2000 berdasarkan hasil pengamatan masih belum sesuai dengan besar waktu edar secara teoritis, kondisi jalan angkut berdasarkan hasil pengamatan belum sesuai dengan standar perusahaan sehingga dapat membuat waktu edar alat angkut menjadi belum maksimal.
Produktivitas aktual PC 2000 didapatkan sebesar 722,27 bcm/jam serta fuel burn aktual sebesar 132 liter/jam dengan nilai fuel ratio aktual sebesar 0,183 liter/bcm dan produktivitas aktual HD 785-7 didapatkan sebesar 144,11 bcm/jam serta fuel burn aktual 66,92 liter/jam dengan nilai fuel ratio aktual sebesar 0,467 liter/bcm. Hal ini menunjukkan bahwa fuel ratio aktual belum mencapai target perhitungan secara teoritis.
Setelah dilakukan simulasi perbaikan nilai fuel ratio didapatkan produktivitas alat gali muat sebesar 805,93 bcm/jam dan fuel burn sebesar 134 liter/jam dengan simulasi perbaikan nilai cycle time dan efisiensi kerja alat gali muat dan didapatkan nilai simulasi produktivitas alat angkut sebesar 186,5 bcm/jam dengan melakukan simulasi perbaikan cycle time alat angkut. Sehingga didaptkan nilai fuel ratio simulasi alat gali muat sebesar 0,166 liter/bcm dan fuel ratio simulasialat angkut sebesar 0,321 liter/bcm.
Kata-kata kunci:Cycle Time, Fuel Burn, Produktivitas, Fuel Ratio
Iashania, Y. 2011. Kajian Teknis Fuel Ratio Peralatan Mekanis Pembongkaran Overburden. Tambang Batubara PT Darma Henwa, TBK Job Site Asam-asam Kec. Jorong Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.
Indonesianto, Y. 2008. “Pemindahan Tanah Mekanis”. Jurusan Teknik Pertambangan. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Yogyakarta. Hal. 4:2-13.