Optimasi travel speed alat angkut area North West 2 di PT Saptaindra Sejati
Abstract
Di area Pit North West 2 yang terletak di Tutupan area Low Wall, pada saat ini kondisi jalan angkut yang kurang baik dan belum memenuhi standar parameter geometri jalan yang berpengaruh pada travel speed serta sistem lalulintas yang kurang aman yang berpengaruh pada pada safety lalulintas. Adapun beberapa geometri jalan angkut yang masih belum memenuhi desain standar parameter. Geometri jalan angkut aktual di area North West 2 meliputi lebar jalan lurus antara 21.69 – 30.90 meter, lebar jalan tikungan sebesar 30.17 meter, superelevasi sebesar - 0.6% dengan arah kemiringan terbalik serta cross slope yang terbentuk yaitu single cross slope dan masih ada yang kurang dari 2%. Road condition monitoring atau problem jalan yang ditemukan setiap minggu, lebih dominan pada banyaknya spoil yang mengakibatkan penyempitan jalan serta adanya jalan berdebu tebal yang juga berpengaruh pada lalulintas.
Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan cara peninjauan lapangan untuk melakukan pengamatan secara langsung terhadap situasi, kondisi, dan aktifitas di lokasi penelitian dan didasarkan pada metode pengukuran aktual di lapangan. Melakukan perhitungan geometri jalan berdasarkan rumus Suwandhi 2004, menganalisis problem jalan berdasarkan 5R (Ringkas, rapi, resik, rawat dan rajin) standar dari perusahaan serta membuat perbandingan travel speed pada bulan Oktober 2017 dengan bulan November 2017.
Adapun rekomendasi desain untuk perencanaan geometri jalan angkut yang sesuai untuk dilewati dump truck Caterpillar 789 C adalah lebar jalan pada jalan lurus 28 meter, lebar jalan tikungan 34 meter, superelevasi maksimal 5%, cross slope 2%-4% dan grade jalan maksimum 8%. Alternatif solusi yang digunakan adalah alternatif A dengan melakukan pelebaran jalan dan menstandarkan geometri jalan angkut. Selalu melakukan 5R pada tiap minggunya serta selalu memperhatikan dan mematuhi rambu-rambu keselamatan kerja yang aman agar tidak terjadinya kecelakaan lalulintas selama kegiatan berproduksi berlangsung. Nilai travel speed pada bulan Oktober 2017 sebesar 18.06 km/jam dan pada bulan November 2017 sebesar 20.69 km/jam.
Kata-kata kunci: safety, superelevasi, cross slope, grade, road condition monitoring
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Mustofa, et al., "Analisis Pengaruh Tingkat Pelayanan Jalan Terhadap Keselamatan Kerja Pada Tambang Batubara," Jurnal Himasapta, vol. 1, no. 03, 2019.
P. Rodrigo, Mining haul roads: theory and practice, CRC Press, 2019.
U. Saismana and A. Fadly, "Evaluasi Kondisi Jalan Angkut Overburden Pit 1 Blok 15 PT Rimau Energy Mining Site Putut Tawuluh Kecamatan Karosen Janang," Jurnal Himasapta, vol. 3, no. 01, 2019.
Riyanto, et al., "Evaluasi Jalan Tambang Berdasarkan Geometri dan Daya Dukung pada Lapisan Tanah Dasar Pit Tutupan Area Highwall," Jurnal Himasapta, vol. 1, no. 02, 2019.
S. M. Rupprecht, "Surface haul road design considerations in mine planning," In Mine Planner’s Colloquium, 2019, p. 1.
I. K. Ediyana, Nurhakim, dan R. N. Hakim, “Analisis Geometri Jalan Angkut Tambang Pada Kegiatan Pengangkutan Material Tanah Penutup (Overburden) Pada Tambang Batubara PT Saptaindra Sejati Jobsite Boro," Jurnal Himasapta, vol. 4, no. 2, 2019.
Rambu-rambu Jalan di Area Pertambangan, SNI 13-6351-2000, p. 5, 2017.
A. Suwandhi, Diklat Perencanaan Tambang Terbuka, Bandung: UNISBA, 2004.
Rahman, M. A., Nurhakim, Riswan, Noure, A. B., & Joetra, R., “Aanilsa Kelayakan Jalan Angkut Tambang Berdasarkan Geometri dan Metrial Perkerasan Jalan”, Jurnal Geosapta, Vol 2, no. 2, 2017.
Md. Rokonuzzaman, et al., "Design of A Ramp (Haulage Road) for Open Pit Mine in the Northern Part of Barapukuria Coal Field, Dinajpur, Bangladesh," International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, vol. 7, no. 7, pp. 8-14, 2017.
DOI: https://doi.org/10.20527/jhs.v6i2.3966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Contact
Mining Engineering Study Program, Faculty of Engineering ULM
Jl. Jenderal Achmad Yani KM 35,5 Banjarbaru,
South Kalimantan – 70714
statistics counter
View My Stats Jurnal Himasapta
Jurnal Himasapta is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License