MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES KELOMPOK B

Putri Medina Heru, Dessy Dwitalia Sari

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu anak mengalami kesulitan dalam kegiatan menggunting dikarenakan guru terlalu sering membantu, sehingga anak menjadi ketergantungan dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas anak dan peningkatan pengembangan kemampuan menggunting anak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Kenanga Banjarmasin yang dari 7 anak perempuan dan 4 anak laki-laki, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatkan di setiap pertemuan aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai 18 kriteria baik, dan dipertemuan 4 mencapai 28 kriteria sangat baik. Aktivitas anak secara klasikal mengalami peningkatan dari pertemuan 1 mencapai 9% kriteria kriteria kurang aktif, pertemuan 2 mencapai 55% kriteria cukup aktif, pertemuan 3 mencapai 73% kriteria aktif, dan pertemuan 4 mencapai 100% kriteria sangat aktif, adapun hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat berkembang sangat baik.


Keywords


Motorik Halus, Menggunting, Problem Based Learning, Examples Non Examples

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. R., & Suriansyah, A. (2020). 98 Model Pembelajaran Bermuatan Pemecahan Masalah Literasi Kolaborasi dan Learning is Fun. Yogyakarta: Nutamedia.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8, 50–52.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Darmiyati, & Jannah, A. M. (2020). Meningkatkan Kemampuan Matematika Awal Anak Usia Dini Melalui Model Direct Instruction Kombinasi Model Make A Match dan Pemberian Tugas. Jurnal Paud, 1, 7–16.

Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.

Faizah, G., & Wahyudi, M. D. (2021). Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Menggunakan Model Explicit Instruction, Model Talking Stick Dan Media Kertas Pada Anak Kelompok A Ghina. JIKAD Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini, 1(1), 2013–2015.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). https://doi.org/10.55047/prima.v1i3.214

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29

Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 60–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Iriani, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggunting dengan Mengguanakan Bahan Bekas pada Kelompok B TK Widya Merti Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 2(2), 1–11.

Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak) STPPA Tercapai Di RA Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12.

Muhlison, O. (2014). GURU PROFESIONAL (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul ’Ilmi, 02(02), 46–60.

Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 26–36.

Nisa, H., & Jamain, R. R. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Menggunakan Model Picture and Picture, Direct Instruction Dan Pemberian Tugas Pada Kelompok B3. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 8. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5440

Nofianti, R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 13(1), 115–130.

Norlatifah, & Novitawati. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Menempel Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Drill Dan Teknik Mozaik Kelompok B. JIKAD Jurnal Inovasi Kreatifitas Anak Usia Dini, 2(2), 50–58.

Nurjanah, Ayu Putri., Anggraini, G. (2013). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i3.10062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats