MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK, WARNA DAN UKURAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PUZZLE SHAPE PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Dian Ekayuti Iryanti, maimunah maimunah

Abstract


Pada penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah kurang berkembangnya kognitif anak dalam mengenal dalam mengenal bentuk, warna, dan ukuran dikarenakan pembelajaran bersifat satu arah dan abstrak,   kurang bermakna dan kurang menarik. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan koginitif anak dalam mengenal bentuk warna dan ukuran dengan menggunakan model Problem Based Learning dan media Puzzle Shape. Dengan pendekatan menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan empat kali pertemuan. Setting penelitian ialah 12 orang anak kelompok A2 TK Idhata II Banjarmasin. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi serta penilaian aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang dipaparkan dalam tabel dan grafik disajikan beserta indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian terlihat bahwa aktivitas guru pertemuan 1-4 terjadi peningkatan dari skor 23 menjadi 37 dengan katergori Sangat Baik. Pada aktivitas anak pertemuan 1-4 meningkat dari 25% menjadi 100% pada kategori Seluruh Anak Aktif. Dan capaian perkembangan anak mengalami peningkatan dari 33% menjadi 100%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemilihan model pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Bintang, J. M., & Awangga, R. M. (2022). Tutorial Game Puzzle Roblox. Penerbit Buku Perdia.

Cardona, F., & Maimunah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membilang Angka Melalui Model Numbered Together, Talking Stick dan Permainan Bendera Pintar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 42–51. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4699

Dewi, E. Y. P. (2019). Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Anak Usia Dini. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(1), 32–45. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i1.5

Hidayati, S., Robingatin, & Saugi, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Kegiatan Mencampur Warna Di TK Kehidupan Elfhaluy Tenggarong. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 23–37. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6683

Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1), 74–92. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=803686&val=10002&title=Manfaat

Istiqlal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. E-Jurnal STKIP Pesisir Selatan - Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 139–144. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=803686&val=10002&title=Manfaat

Kasri. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 320–325. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual/article/view/69

Khatimah, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Puzzle Pada Kelompok B TK Tunas Harapan. Early Childhood Education Indonesian Journal, 1(1), 20–26. https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/ECEIJ/article/view/155

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560–1566. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2047258&val=13365&title=Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini

Mahendradhani, G. A. A. R. (2021). Problem-Based Learning di Masa Pandemi. Nilacakra.

Mu’min, S. A., & Yultas, N. S. (2019). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 226–239. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1217

Mutiara, A., & Rahminawati, N. (2022). Penggunaan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran pada Anak. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 2(1), 47–52. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPGP/article/view/896

Nur, F., & Masita. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Nas Media Pustaka.

Paramita, N., Rintayati, P., & Wahyuningsih, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Permainan Sains. Kumara Cendekia, 7(2), 126–137. https://doi.org/10.20961/kc.v7i2.36372

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.

Poerwati, C. E., Cahaya, I. M. E., & Suryaningsih, N. M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Sederhana dalam Pengenalan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1472–1479. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1233

Rachmat, N. A., & Sumiati, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Harta Karun. Metodik Didaktik:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 11(1), 71–81. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/3787

Rahmawati, & Permatasari, N. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Examples Non Examples Dengan Media Konkrit. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4694

Ramadina, N., & Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok a Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20–32. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4696

Ratnayanti, G. (2021). Sikap Preventif Melalui Teknik Puzzle. Jakad Media Publishing.

Reza, A. R. N., & Hananik, I. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Model Demonstration Dan Metode Pemberian Tugas Di Kelompok a Ra Muslimat Nu Pasayangan Martapura. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 10–19. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4695

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Salsabila, N., & Novitawati. (2021). Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Aktivitas Eksploratif Melalui Model Picture And Picture, Metode Eksperimen dengan Media Loose Parts. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 42–51.

Samiyah, & Anggraeni, C. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat Di Tk B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52–60. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4300

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik Untuk Pengembangan Kompetensi Guru). Prenada Media.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Anwar, Z. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa SMA. Yayasan Barcode.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97. http://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/10

Sudirman, Anggereni, S., Marlinda, N. L. P. M., Silalahi, E. K., Fitrian, A., Siregar, H. T., Herlina, R., Azizah, N. N., Hidayat, Saputri, M., Wirda, Nasrianty, & Karim, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Berbagai Bidang Ilmu Pengetahuan. CV Media Sains Indonesia.

Sugiyanto, & Ramang. (2021). Model Pembelajaran Penerapan Problem Based Learning Pada Anak Usia Dini. Wiyatamandala, I(I), 86–95. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/wiyata/article/view/9623

Zubaidi, A., Astini, N. B., & Made Suwasa Astawa, I. (2022). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 97–105.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v3i3.10064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats