MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS (MENGGUNTING) MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MEDIA GAMBAR PADA TK KELOMPOK B
Abstract
Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu rendahnya perkembangan aspek motorik halus anak dalam menggunting dimana ditemukan masih terdapat beberapa anak yang kurang dalam mengenal angka pada kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan anak dalam pengembangan aspek motorik halus anak khususnya dalam menggunting. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dengan 3 kali pertemuan, penelitian ini dilakukan di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 10 anak. Jenis data yang dipaparkan merupakan data aktivitas guru, aktivitas anak, dan kemampuan motorik halus anak khusunya dalam menggunting yang diperoleh melalui lembar observasi pada saat kegiatan pembelajaran. Tolak ukur keberhasilan penelitian yakni 87% dengan kriteria Hampir Seluruh Siswa Aktif. Berdasarkan data temuan dan hasil dari penelitian ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model direct instruction dan media gambar mampu memberikan peningkatan terhadap kualitas aktivitas guru, aktivitas anak dan kemampuan motorik anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, & Suharsimi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Asniwati, Fauzi. A. Z & Rahimah, L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Dan Make A Match Pada Kelas Iv Sdn Pekauman 3. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1).
Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106-124.
Dini, J. P. A. U. (2022). Efektivitas Peran Guru Pendamping dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6791-6802.
Faqihatuddiniyah, F., Syihabuddin, S., & Kosasih, A. (2022). Potret Penanaman Nilai Karakter Anak di TK Bawang Putih. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 516–532.
Rozi, F., Widat, F., & Efandari, E. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 127-142.
Indraswari, L. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1-13.
Mariati, D. P., Raga, I. G., & Pudjawan, K. (2014). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan media seni melipat kertas untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak TK Shanti Kumara III Sempidi. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 2(1).
Mulyasa. (2017). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novitawati, N., & Anggreani, C. (2021). Pengembangan perencanaan pembelajaran bermuatan budaya lokal tepian sungai pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 220–230.
Purwanti, R., & Suhaimi, S. (2020). Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untuk meningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 124–134.
Radiansyah, R., Jannah, F., & Sari, R. (2021). Workshop Pembuatan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah: The Workshop of Making the Classroom Action Research for Elementary Teacher at Hulu Sungai Tengah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 170–174.
Rasid, J., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Kajian tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 82-91.
Utari Nj Ketut Sri Eka. (2016). Peningkatan Pemahaman Siswa Tunarungu Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Bermedia Gambar. Journal of Special Education, Volume II.
Widayati, A. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87–93.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i1.11743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats