STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK
Abstract
Permasalahan yang didapat pada penelitian ini ialah rendahnya kemampuan bahasa reseptif anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosakata lebih. Hal ini diisebabkan karena anak mengalami kesulitan dalam memfokuskan perhatian untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru serta metode dan media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas anak dan hasil perkembangan bahasa anak dalam menceritakan kembali apa yang didengar dengan kosa kata lebih menggunakan model time token dan metode bercerita dengan media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 3 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan 3 mendapat kategori seluruh anak aktif. Hasil perkembangan anak Pertemuan 3 mencapai 100% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan informasi untuk memilih model pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2019). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 284.
Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. 1–14.
Aziza, N., Herlina, H., & Asti, A. S. W. (2021). Pengaruh Video Media Dongeng Terhadap Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Takalar. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 03(02), 26–37.
Bayu, H., Alifa, A. N., & Farhani, R. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Pada Usia Dini. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–4.
Divina, A. T., Setyawan, D. A., & Nurhidayah, L. R. (2022). Hubungan Antara Bilingualisme Dengan Kemampuan Bahasa Reseptif Pada Anak Kelas 2 Di Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Leuweunggajah Cirebon. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 12–24.
Fadilah, P., Perangin-Angin, A., Ginting, S. U. B., & Abdi, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Viii Mts Sabilal Akhyar Kwala Begumit. Jurnal Serunai Pancasila dan Kewarganegaraan, 10(2), 38-44.
Indrawan, I., Subhan, M., Putri, A. A., Royani, I., & Yoerfa, R. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini. Qiara Media.
Irma, Asniwati, Ratna Purwanti, C. C. (2023). Effectiveness of Teacher’s Learning Strategy for Children’s Motivation, Religious and Moral Value Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 1–8.
Khabibatus Sholikha, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas V Mi Bahrul Ulum Surabaya. Jpgsd, 05(03), 1051–1064.
Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).
Maimunah. (2021). Implementasi Pembelajaran Nilai Moral Dan Sosial Di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 17–27.
Norlatifah, & Novitawati. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Menempel Menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Drill Dan Teknik Mozaik Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 80–85.
Novita, N., & Sulistiyana, S. (2023). Mengenal Huruf Dengan Kombinasi Model Demonstration, Make a Match, Metode Bermain Dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 17.
Pratiwi, E. (2019). Efektifitas metode bercerita dengan media berbasis digital pada anak usia dini di era industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 629–636.
Purwanti, R., & Suhaimi, S. (2020). Model GELPITAS (gerak & lagu, picture & picture, talking stick) untukmeningkatkan perkembangan bahasa Inggris anak taman kanak-kanak. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 124–134.
Rahmawati, & Sari, N. P. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Examples Non Examples Dengan Media Konkrit. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 1–9.
Rizka Amalia, Metroyadi, Akhmad Riandy Agusta, H. (2023). Classroom Management for Improving the Children Values. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 18–25.
Rumina, R., & Jamain, R. R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Reseptif Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita Dan Model Talking Stick Melalui Media Papan Cerita Bergambar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(3), 42-49.
Sari, S. K., Izzati, I., & Ismet, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Gambar Cetak Geometri Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 149–155.
Sitti Sarah, Darmiyati, M. (2023). Teacher’s Innovation in Improving Children’s Cognitive Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 9–17.
Suherman, W. S., Nopembri, S., & Muktiani, N. R. (2017). Pengembangan “Majeda” Berbasis Dolanan Anak untuk Pengoptimalan Tumbuh Kembang Siswa Taman Kanak-kanak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 220–232.
Ulfah, D., & Umiasih, E. (2021). Stimulasi Keterampilan Bahasa Reseptif Anak Melalui Kegiatan Mendengarkan Cerita Di Tk Miftahul Ulum Pandawangi Malang. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia DIni, 7(2), 2476–9363.
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i1.11746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats