MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KEMANDIRIAN DAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, PROBLEM BASED LEARNING MELALUI MEDIA PLAYMATE PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK KELOMPOK B DI TK INSAN AZKIA BANJARMASIN

Nurul Fajriah, Metroyadi Metroyadi

Abstract


Permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak belum berkembang. Disebabkan kurang terkoordinasinya gerakan keseimbangan tubuh anak dan kurangnya kegiatan yang menstimulasi motorik kasar anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian di TK Insan Azkia Banjarmasin pada anak kelompok B2 berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dijabarkan dengan tabel dan grafik dengan indikator yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, kemandirian, dan hasil kemampuan motorik kasar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak mencapai kategori sangat aktif, kemandirian anak mencapai kategori sangat mandiri, dan hasil kemampuan motorik kasar anak mencapai kategori berkembang sangat baik. Hasil penelitian dapat disimpukan bahwa penggunaan kombinasi model Explicit Instruction, Problem Based Learning melalui media Playmate permainan tradisional engklek dalam kegiatan pembelajaran dapat mengembangkan aktivitas, kemandirian dan hasil kemampuan motorik kasar anak pada Kelompok B TK Insan Azkia Banjarmasin. Disarankan bagi kepala TK, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi referensi dan bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Keywords


Motorik Kasar, Explicit Instruction, Problem Based Learning, Media Playmate Permainan Tradisional Engklek.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Baihaqi, Ahmad Riandy Agusta, Mujiyat, Yayuk Hartini, Mahmuda, Selamat Maulana, H. S. (2024). The Contribution of Organizational Commitment, Emotional Intelligence and Job Satisfaction to The Teacher Performance. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 39–53.

Akhmad Riandy Agusta, Darmiyati, Ali Rachman, A. F. N. (2024). STUDENT SATISFACTION WITH EDUCATIONAL SERVICES AT THE INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL OF QURRATA’AYUN HULU SUNGAI SELATAN. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 1–11.

Akhmad Riandy Agusta, N. (2024). Empowerment and Participation of Community Social Institutions in Educational Development Decisions in Rural. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 26–38.

Anjani, & Atika. (2020). Permainan Engklek dalam Meningkatkan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Ceria, 3(6), 2714–4107.

Aulia, & Cinantya. (2023). Improving Critical Thinking Skills In Mathematics Content Using The Sisi Ceria Model In Grade Iv Elementary School Students. Journal of General Education Science, 1Sri Pamun(2), 109–117.

Azkia & Sakerani. (2022). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction Dan Savi. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(8.5.2017), 2003–2005.

Celia Cinantya, Ahmad Suriansyah, A. (2024). Empowering Parents In Forming Children’s Character Through Education. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 1–9.

Cinantya, C., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Character Education Based on Religious Values in Early Childhood: A School Principal’s Leadership Perspective. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4968–4973. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-43

Cinantya Celia, Aslamiah, N. (2024). THE CORRELATION OF THE WORK LIFE QUALITY AND ORGANIZATIONAL. International Journal of Social Science and Human Research, 2(1), 12–18.

Cinantya Celia, Rafianti Wahdah Refia, S. E. P. (2024). EFFECTIVENESS OF TEACHER PERFORMANCE IN THE CHILDREN’S DEVELOPMENT COGNITIVE ASPECT. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(2), 38–46.

Darmawati, & Widyasari. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487

Darmiyati, Hananik, & Faqihatuddiniyah. (2020). Pengembangan Model Penilaian Autentik Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini Di Daerah Aliran Sungai Barito. Seminar Nasional Kolaborasi, 26(1), 259–268.

Depdiknas. (2014). Permendikbud No 146 Tahun 2014. Permendikbud Repblik Indonesia, 8(33), 37.

Fatimah, Aslamiah, & Purwanti. (2021). Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas Dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle Dan Kegiatan Melipat Pada Kelompok A Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 21(1), 1–9.

Fawwaz, Alwan, S. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERMUTU. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 6(2), 221–238.

Fitriani Dina Aulia, Sulistiyana, M. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 50–59.

Fitriani, Rohyana, Adawiyah, & Rabihatun. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Halimatussa’diyah, A. S. (2024). Character Education Management Based on Boarding School: A Case Study of Man Insan Cendekia Tanah Laut. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 16–25. https://doi.org/10.1134/s0514749219040037

Halimatussa’diyah, H., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Boarding School-Based Character Education Management (Case Study at MAN Insan Cendekia Tanah Laut). International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4982–4990. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-45

Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.

Irham, M., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar matematika menggunakan model piring antik pada siswa sekolah dasar. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(2), 184-195.

Irma, Asniwati, Ratna Purwanti, C. C. (2023). Effectiveness of Teacher’s Learning Strategy for Children’s Motivation, Religious and Moral Value Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 1–8.

Iryanti, & Maimunah. (2023). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bentuk, Warna dan Ukuran Menggunakan Model Problem Based Learning dan Media Puzzle Shape Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 47(1), 100950.

Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi. 01(2), 82–89.

Kiftiah, M., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Balogo Pada Muatan Matematika Kelas IV Di SDN Sungai Gula 1. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni, 2(3), 427-437.

Kiptiah, & Ruchliyadi. (2020). Implementasi Karakter Kemandirian Siswa Di Sekolah Dasar Pinggiran Sungai Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(22), 116–123.

Mahfud, & Fahrizqi. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622

Metroyadi & Mardhiah. (2018). Efforts to Develop Children Fine Motor Skills Through Sticking Picture Properly by Using Combination of Explicit Instruction Model and Assignment Media Utilizing Natural Materials. Journal of K6, Education, and Management, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.11594/jk6em.01.02.05

Mujahaddah, Effendi, & Rafianti. (2021). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Menggunakan Kombinasi Model Demonstration, Model Number Head Together, Dan Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1.3219

Najah, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Siswa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PENTAS Pada Muatan IPA Kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 2(2), 635-643.

Nazaruddin, Ratna, Taufik Noor, Alwan Fawaz, Celia Cinantya, M. I. K. (2024). Implementation Model of Elementary School In Banjarmasin. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 54–63.

Novita, & Sulistiyana. (2023). Mengenal Huruf Dengan Kombinasi Model Demonstration, Make a Match, Metode Bermain Dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 17. https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7710

Nurhanifah Diana, Rachman Ali, A. A. R. (2024). STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG DIDENGAR. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 1–10.

Putri, E. A., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Bacatur Pada Muatan IPAS Kelas IVA Di SDN Mawar 7 Banjarmasin. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran| E-ISSN: 3026-6629, 1(4), 729-746.

Purwanti, R., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). The Leadership School Principal in the Implementation of Local Character Education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-44

Purwanti, R., Suriansyah, A., & Rahmiyani, I. (2024). THE CORRELATION OF WORK COMMITMENT, SCHOOL PRINCIPAL SUPERVISION AND TEACHER PERFORMANCE IN KINDERGARTENS IN LIANG ANGGANG DISTRICT. INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATION, SCHOOL MANAGEMENT AND ADMINISTRATION, 1(1), 27-35.

Purwanti, R., Rizkieya, R., & Mujiyat, M. (2024). LEARNING MANAGEMENT IN THE DEVELOPMENT FINE MOTOR ASPECT AND CHILDREN’S INDEPENDENCE. E-CHIEF Journal, 4(2), 27-37.

Purwanti, R. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PATRI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 568-585.

Qomariah Nur, Cinantya Celia, P. R. (2024). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH. 4(1), 10–20.

Rahma Kabila, Anggreani Chresty, R. P. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK. JURNAL TUGAS AKHIR MAHA ANAK PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 21–30.

Rahmawati, & Permatasari. (2022). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Examples Non Examples Dengan Media Konkrit. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4694

Ratna Purwanti, Mujiyat, N. (2024). Community Empowerment Strategy for Local Character Education in Wetland Environment. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 10–15.

Ridhani, N., Suriansyah, A., & Purwanti, R. 2024. Increase Activity, Critical Thinking Skills and Student Collaboration Using the PERMATA Model and Wordwall Media in Elementary Schools. Indonesian Journal of Primary Education, 8(1).

Rizka Amalia, Metroyadi, Akhmad Riandy Agusta, H. (2023). Classroom Management for Improving the Children Values. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 18–25.

Rooswita Santia Dewi, Aslamiah, Noorhapizah, N. (2024). QUALITY OF WORK LIFE AMONG LECTURERS WORKING IN MEDICAL. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(2), 47–60.

Rooswita Santia Dewi, Muhammad Arsyad, Hayatun Thaibah, S. N. (2024). Sharing Good Practices in the Implementation of the Independent Curriculum. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 64–70. http://search.jamas.or.jp/link/ui/2014143423

Samiyah, & Anggraeni. (2021). Peningkatan Sikap Toleransi Melalui Kombinasi Model Direct Instruction, Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat Di Tk B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 52. https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4300

Sitti Sarah, Darmiyati, M. (2023). Teacher’s Innovation in Improving Children’s Cognitive Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 9–17.

Suriansyah, A., & Aslamiah. (2011). Strategi Pembelaiaran Anak Usia Dini. 1–13.

Utary, S. I., & Purwanti, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PRIMER DAN MEDIA KARBO DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 469-496.

Wahyudi, & Habibie. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Word Square Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Jurnal Paradigma, 8, 1–7.

Yenny Nurul Wulandari, Ratna Purwanti, Anita Ariani, K. N., & Fitrah Yuridka, Susanty, H. (2024). Teacher Professionalism Development Kindergarten In Banjarmasin. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 71–80.

Yulianti, & Rachman. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok B Menggunakan Model Talking Stick Dengan Media Flashcard. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3(1), 28. https://doi.org/10.20527/jikad.v3i1.7712




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i3.13378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats