INOVASI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN GERAK TERKOORDINASI ANAK KELOMPOK B

Azizah Norsafitri, Ratna Purwanti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini ialah perkembangan motorik kasar anak dalam melakukan gerak terkoordinasi pada kelompok B Hal ini dikarenakan kurangnya kegiatan yang menstimulasi kemampuan gerak terkoordinasi anak dan pembelajaran yang dilakukan masih bersifat satu arah dan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan motorik kasar anak khususnya dalam melakukan gerak terkoordinasi. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B TK Murai Tapin yang berjumlah 10 anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan Analisis cross tabulasi yang gambarkan dalam bentuk tabel, grafik dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru terlaksana dengan baik dari pertemuan 1 sampai 3 dan pertemuan 4 sangat baik, (2) Aktivitas Anak pada pertemuan 1 mendapat persentase 44% dengan kategori “Cukup Aktif” dan terus meningkat hingga pertemuan 4 mendapat persentase 90% dengan kategori “Sangat Aktif, (3) Hasil perkembangan motorik kasar anak dalam melakukan gerak terkoordinasi pada pertemuan 1 mendapatkan persentase 33% dan terus meningkat pada pertemuan 4 mendapat persentase 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning, model Explicit Instruction dan Permainan Egrang Batok Kelapa dalam kegiatan pembelajaran dapat mengembangkan aktivitas dan meningkatkan hasil perkembangan motorik kasar dalam melakukan gerakan terkoordinasi pada anak Kelompok B TK Murai Tapin. Disarankan bagi kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan masukan informasi untuk memperbaiki pembelajaran pada anak.

Keywords


Inovasi Pembelajaran. Egrang Batok Kelapa, Explicit Instruction, Gerak Terkoordinasi, Motorik Kasar, Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Adriyani, Darmiyati, H. (2024). Classroom Management for Improving Children’s Literacy. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 42–51.

Ahmad Baihaqi, Ahmad Riandy Agusta, Mujiyat, Yayuk Hartini, Mahmuda, Selamat Maulana, H. S. (2024). The Contribution of Organizational Commitment, Emotional Intelligence and Job Satisfaction to The Teacher Performance. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 39–53.

Aisyah, Siti, Agusta, Akhmad Riandy, Santika, Viona, Patriamurti, Yudhita Dwi, Princess, S. V. (2024). Teacher’s Learning Strategy for Recognizing the Children’s Concept of Numbers. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 30–41.

Akhmad Riandy Agusta, Darmiyati, Ali Rachman, A. F. N. (2024). STUDENT SATISFACTION WITH EDUCATIONAL SERVICES AT THE INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL OF QURRATA’AYUN HULU SUNGAI SELATAN. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 1–11.

Akhmad Riandy Agusta, N. (2024). Empowerment and Participation of Community Social Institutions in Educational Development Decisions in Rural. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 26–38.

Amelia, Najma & Cinantya, C. (2024). Effectiveness of Teacher Innovation in the Children’s Independence and Fine Motor Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 1–10.

Aliriad, H. (2021). The Influence of Project-Based Learning Learning Model and Educability Motor Level of Fundamental Motor Skill Students in Class III Elementary School Students. ISET : International Conference on Science, Education and Technology. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/iset

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Ardiyansyah, M., & Metroyadi. (2021). Developing Cooperative Attitude With Friend Using A Combination Of The Dream Model With Picture Card Media For Early Childhood. Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(1), 25–34.

Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Developing A Teaching Model Of Traditional Games To Increase Gross Motor Of Intellectual Developmental Disorder Children. In Jurnal Keolahragaan (Vol. 2).

Ariana, L., & Novitawati. (2023). Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam Mengontrol Gerakan Tangan Menggunakan Otot Halus Melalui Kombinasi Model Project Based Learning Dan Model Direct Instructions Pada Kegiatan Mozaik. JIKAD: Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini, 3.

Astuti, S., & Sepdwiko, D. (2023). Pembelajaran Tari Kreasi Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction. SITAKARA : Journal Pendidikan Seni Dan Budaya, 8.

Asyari, M. G., & Arisanty, D. (2022). Implementation Of The Combination Of Explicit Instruction Model, Drill Method And Media Bowling In Development Motor Rough At Group A Kindergarten. Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal, 2(1), 21–28.

Awalunisah, S., Putu Suwika, I., & Rahmatia, S. (2022). The Effect Of Traditional Games Egrang Coconut Shell On Rough Motoric Development Of Children In Group B Al-Khairaat Kaleke Kindergarten. BOMBA: Journal Pembangunan Daerah, 2.

Celia Cinantya, Ahmad Suriansyah, A. (2024). Empowering Parents In Forming Children’s Character Through Education. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 1–9.

Cinantya, C., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Character Education Based on Religious Values in Early Childhood: A School Principal’s Leadership Perspective. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4968–4973. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-43

Cinantya Celia, Aslamiah, N. (2024). THE CORRELATION OF THE WORK LIFE QUALITY AND ORGANIZATIONAL. International Journal of Social Science and Human Research, 2(1), 12–18.

Cinantya Celia, Rafianti Wahdah Refia, S. E. P. (2024). EFFECTIVENESS OF TEACHER PERFORMANCE IN THE CHILDREN’S DEVELOPMENT COGNITIVE ASPECT. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(2), 38–46.

Darus Sholihin, A., Jurusan Ilmu Keolahragaan, S., Ilmu Keolahragaan, F., & Negeri Semarang, U. (2015). Analisis Aktivitas Fisik Dan Aktivitas Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Dalam Memanfaatkan Waktu Luang. In JSSF (Vol. 34, Issue 4). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jssf

Fahmi, d. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Lengkap Dan Praktis. Indramayu: CV. Adanu Abimata Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. 1, 25–34.

Fatimah, M., Aslamiah, & Purwanti, R. (2021). Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas Dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruction, Permainan Puzzle Dan Kegiatan Melipat Pada Kelompok A Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin. JIKAD: Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini, 1.

Faudina, G., & Novitawati. (2022). Developing Fine Motor Skills Using The Explicit Instrcution Model And Assigning Tasks In Cutting Out Patterns Group B In Baitul Makmur Islamic Kindergarten Banjarmasin. Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal, 2(2), 11–19.

Fawwaz, Alwan, S. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERMUTU. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 6(2), 221–238.

Fitriani Dina Aulia, Sulistiyana, M. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 50–59.

Halimatussa’diyah, A. S. (2024). Character Education Management Based on Boarding School: A Case Study of Man Insan Cendekia Tanah Laut. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 16–25. https://doi.org/10.1134/s0514749219040037

Halimatussa’diyah, H., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Boarding School-Based Character Education Management (Case Study at MAN Insan Cendekia Tanah Laut). International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4982–4990. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-45

Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.

Hairunnisa, & Cinantya, C. (2022). Developing Activities, Independence And Fine Motor Aspect Using The Extream Model In Group B2 Children. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 2.

Hikmah, N., & Sulistiyana. (2021). Developing Fine Motor Using Demonstration Method, Assignment And Mozaic Technique Al-Amin Martapura Kindergarten. Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(2), 18–24.

Huda, K., & Hadiyaturridho. (2022). Penerapan Media Permainan Egrang Batok Kelapa Untuk Melatih Keterampilan Motorik Kasar Anak Pada Paud Kelas B Tahun Ajaran 2022/2023. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 3(2), 2722–2824. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/abdimandalika/issue/archive

Irma, Asniwati, Ratna Purwanti, C. C. (2023). Effectiveness of Teacher’s Learning Strategy for Children’s Motivation, Religious and Moral Value Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 1–8.

Indrayogi, I., Nurhayati, M., & Fauzi, R. S. (2022). Project-Based Learning Model to Improve Student’s Hands and Feet Motor Skills in Rhythmic Gymnastics. (JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran), 9(3), 240. https://doi.org/10.17977/um031v9i32022p240

Isnaini, I. D., Julianingsih, D., & Aryanti, M. P. (2022). Sosialisasi Pola Asuh yang Tepat dan Pentingnya Memahami Karakteristik Anak Usia Dini di TK Dharmawanita Gedangan. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1–8. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i2.174

Munawir, M., Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108

Novitawati, Purwanti, R., Prastitasari, H., Vitriati, N., & Olfah, K. (2022). Traditional Games as English Learning Media for Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(2), 184–193. https://doi.org/10.33369/jip.7.2

Nazaruddin, Ratna, Taufik Noor, Alwan Fawaz, Celia Cinantya, M. I. K. (2024). Implementation Model of Elementary School In Banjarmasin. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 54–63.

Nurhanifah Diana, Rachman Ali, A. A. R. (2024). STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG DIDENGAR. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 1–10.

Pandu Hidayat, J., Munfarida, S., Arisalwadi, M., Ainul Wafi, W. (2023). Budidaya Tanaman Cabai Merah Dalam Pot Sebagai Stimulus Anak Usia Dini Dengan Metode Project Based Learning. SELAPARANG : Journal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7.

Permendikbud 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Putri, I. G. A. A. D. P., Persada, S. F., & Apriyansyah, B. (2021). Analisis Tabulasi Silang pada Penggunaan Selebriti Endorser Internasional: Studi Kasus pada Nu Green Tea Indonesia. Journal Sains Dan Seni ITS, 10.

Purwanti, R., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). The Leadership School Principal in the Implementation of Local Character Education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-44

Purwanti, R., Suriansyah, A., & Rahmiyani, I. (2024). THE CORRELATION OF WORK COMMITMENT, SCHOOL PRINCIPAL SUPERVISION AND TEACHER PERFORMANCE IN KINDERGARTENS IN LIANG ANGGANG DISTRICT. INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATION, SCHOOL MANAGEMENT AND ADMINISTRATION, 1(1), 27-35.

Purwanti, R., Rizkieya, R., & Mujiyat, M. (2024). LEARNING MANAGEMENT IN THE DEVELOPMENT FINE MOTOR ASPECT AND CHILDREN’S INDEPENDENCE. E-CHIEF Journal, 4(2), 27-37.

Qomariah Nur, Cinantya Celia, P. R. (2024). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH. 4(1), 10–20.

Rahma Kabila, Anggreani Chresty, R. P. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK. JURNAL TUGAS AKHIR MAHA ANAK PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 21–30.

Ramadhani, Tasya Amelia, Purwanti, R. (2024). Learning Innovation in Introducing Number Symbol (English) for Children. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 20–29.

Ratna Purwanti, Mujiyat, N. (2024). Community Empowerment Strategy for Local Character Education in Wetland Environment. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 10–15.

Rahma, K., & Anggreani, C. (2024). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Menggunakan Model Pjbl Dan Media Loose Parts Pada Kelompok B. JIKAD: Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini, 4.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. In JUNI (Vol. 12, Issue 1).

Ramdani, L. A., & Azizah, N. (2019). Permainan Outbound untuk Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 494. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.407

Riduan. (2022). Mengembangkan Motorik Kasar Anak Dalam Melakukan Gerak Terkoordinasi Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction Dan Metode Pemberian Tugas Dengan Permainan Tradisional Kelompok B Tk Nusa Indah Barito Kuala.

Ririn Mbeo, J., & Dewi Anggraeni, L. (2020). Karakteristik dan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Dini Berkaitan dengan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah. JKG : Journal Keperawatan Global, 5.

Rizki, H., & Aguss, R. M. (2020). Analisis Tingkat Pencapaian Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Physical Education (JouPE), 1(2), 20–24.

Rofi’ah, D., & Rohman, T. (2023). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Egrang Batok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli, 9(14), 240–255. https://doi.org/10.5281/zenodo.8173395

Rofiah Sohibah Darojatur, & Mangkuwibawa Hilman. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan. Jurnal Pendidikan Raudhatul Atfal.

Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 66–79. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3481

Royati, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Di Tk Miftahul Falah. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 2(2). https://ojs.unm.ac.id/TPJ

Rizka Amalia, Metroyadi, Akhmad Riandy Agusta, H. (2023). Classroom Management for Improving the Children Values. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 18–25.

Rooswita Santia Dewi, Aslamiah, Noorhapizah, N. (2024). QUALITY OF WORK LIFE AMONG LECTURERS WORKING IN MEDICAL. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(2), 47–60.

Rooswita Santia Dewi, Muhammad Arsyad, Hayatun Thaibah, S. N. (2024). Sharing Good Practices in the Implementation of the Independent Curriculum. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 64–70. http://search.jamas.or.jp/link/ui/2014143423

Rusmaniah, R., Cinantya, C., & Ridha Ilhami, M. (2022). Fine Motor Development for Children Aged 4-6 Years by Using Woven Products in Kampung Purun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 13(2). https://doi.org/10.17509/cd.v13i2.48326

Sitti Sarah, Darmiyati, M. (2023). Teacher’s Innovation in Improving Children’s Cognitive Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 9–17.

Sari, N. P., Novitawati, N., Setiawan, M. A., & Mutiani, M. (2022). Peran Yoga dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4681–4689. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2451

Sin, I., Wahyudi, M. D., & Fauzana, E. (2017). Developing Children Gross Motor Skills through Combination of Explicit Instruction Model, Role Playing Model and Jump Rope Game in Kindergarten. Journal of K6 Education and Management (JK6EM), 1(1), 2580. http://www.j-k6em.org

Silanindah Amelia, R., Muslihin Yusuf, H., & Sianturi, R. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Journal Pendidikan Dan Konseling, 4(4).

Siti Nur Hayati, & Hibana, H. (2021). Reaktualisasi Permainan Tradisional untuk Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 298–309. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i2.1344

Sopian, A., Fungsi Guru, D., & Sopian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raudhatul Ulum, A. (n.d.). Tugas, Peran dan Fungsi Guru dalam Pendidikan.

Soptyana, H., Pebriani, E., & Haryono, M. (2022). Peningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Trompa Batok Kelapa di Paud Gentaralia Desa Talang Kemang Kabupaten Seluma. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(3), 461–464.

Sulikhah, Bachtiar Yusri, M., & Indrawati. (2022). Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Pada Paud. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pengembangan Pembelajaran, 1, 157–163.

Surayya, R. (2015). Pendekatan Kualitatif Dalam Penelitian Kesehatan. AVERROUS: Journal Kedokteran Dan Kesehatan Mlikussaleh, 1.

Suriansyah, A., & Aslamiah, D. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini (Pertama). Comdes.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Utomo, K. B., Tinggi, S., Islam, A., & Surabaya, T. (2018). Strategi Dan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Mi. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2).

Wahyudi, M. D. (2016). Implementasi Manajemen Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Lembaga Paud Mawaddah Banjarmasin. Paradigma, 11.

Wahyudi, M. D., & Prastika, Y. (2015). Upaya Mengembangkan Aspek Motorik Kasar Anak Tk Kelompok B Menggunakan Model Explicit Instruction Divariasikan Dengan Permainan Tradisional. PARADIGMA, 10.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar Pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15. https://doi.org/10.1080/00222216.1990.11969821

Yenny Nurul Wulandari, Ratna Purwanti, Anita Ariani, K. N., & Fitrah Yuridka, Susanty, H. (2024). Teacher Professionalism Development Kindergarten In Banjarmasin. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 71–80.

Zulvian Iskandar, Y., Kusmiati, E., & Nasem. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi TikTok di PAUD Permata Hati. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i3.13381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats