MENGEMBANGKAN AKTIVITAS, KEMANDIRIAN, DAN ASPEK MOTORIK HALUS DENGAN MODEL PADI MELALUI KEGIATAN MOZAIK PADA ANAK KELOMPOK B1 TKN 1 ALALAK HANDIL BAKTI

Anita Mufrida, Rizky Amelia

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas anak dalam proses kegiatan pembelajaran, rendahnya kemandirian anak dalam kegiatan pembelajaran, dan rendahnya kemampuan aspek motorik halus anak dalam mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus. Hal ini disebabkan kurangnya kegiatan menarik yang menstimulasi kemampuan motorik halus dan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak, kemandirian dan menganalisis hasil perkembangan motorik halus anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik, aktivitas anak memproleh kategori sangat aktif, kemandirian anak memproleh kategori sangat mandiri, dan hasil perkembangan motorik halus anak memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi Model  Project Based Learning dan Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar anak. Pada aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik dan aktivitas anak mencapai kriteria sangat aktif kemandirian anak mencapai skor sangat mandiri serta perkembangan motorik halus anak mencapai Berkembang sangat baik. Diharapkan bagi kepala guru,kepala sekolah dan peneliti selanjutnya dapat menjadi salasatu alternatif saat memilih model pembelajaran secara keseluruhan.

Keywords


Direct Instructions; Kegiatan Mozaik; Motorik Halus; Project Based Learning

Full Text:

PDF

References


Adriyani, Darmiyati, H. (2024). Classroom Management for Improving Children’s Literacy. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 42–51.

Ahmad Baihaqi, Ahmad Riandy Agusta, Mujiyat, Yayuk Hartini, Mahmuda, Selamat Maulana, H. S. (2024). The Contribution of Organizational Commitment, Emotional Intelligence and Job Satisfaction to The Teacher Performance. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 39–53.

Aisyah, Siti, Agusta, Akhmad Riandy, Santika, Viona, Patriamurti, Yudhita Dwi, Princess, S. V. (2024). Teacher’s Learning Strategy for Recognizing the Children’s Concept of Numbers. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 30–41.

Akhmad Riandy Agusta, Darmiyati, Ali Rachman, A. F. N. (2024). STUDENT SATISFACTION WITH EDUCATIONAL SERVICES AT THE INTEGRATED ISLAMIC PRIMARY SCHOOL OF QURRATA’AYUN HULU SUNGAI SELATAN. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 1–11.

Amelia, Najma & Cinantya, C. (2024). Effectiveness of Teacher Innovation in the Children’s Independence and Fine Motor Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 1–10.

Ariana, Lisna & Novitawati, N. (2023). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGONTROL GERAKAN TANGAN MENGGUNAKAN OTOT HALUS MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS PADA KEGIATAN MOZAIK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 47(1), 100950.

Arie Paramitha, M. V., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1336

Arnafama, P. M. H., & Sari, D. D. (2023). MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES KELOMPOK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 88–100.

Celia Cinantya, Ahmad Suriansyah, A. (2024). Empowering Parents In Forming Children’s Character Through Education. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 1–9.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. Paud Lectura, 3(2), 1–9.

Cinantya, C., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Character Education Based on Religious Values in Early Childhood: A School Principal’s Leadership Perspective. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4968–4973. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-43

Cinantya Celia, Aslamiah, N. (2024). THE CORRELATION OF THE WORK LIFE QUALITY AND ORGANIZATIONAL. International Journal of Social Science and Human Research, 2(1), 12–18.

Cinantya Celia, Rafianti Wahdah Refia, S. E. P. (2024). EFFECTIVENESS OF TEACHER PERFORMANCE IN THE CHILDREN’S DEVELOPMENT COGNITIVE ASPECT. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(2), 38–46.

Fatimah, M., Aslamiah, A. &, & Purwanti, R. (2021). MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, KREATIVITAS DAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, PERMAINAN PUZZLE DAN KEGIATAN MELIPAT PADA KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 43 BANJARMASIN. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD)Tive?, 21(1), 1–9.

Fawwaz, Alwan, S. (2024). PEMBERDAYAAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN MENUJU SEKOLAH BERMUTU. Jurnal Terapung : Ilmu – Ilmu Sosial, 6(2), 221–238.

Fitriani Dina Aulia, Sulistiyana, M. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 50–59.

Halimatussa’diyah, H., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). Boarding School-Based Character Education Management (Case Study at MAN Insan Cendekia Tanah Laut). International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4982–4990. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-45

Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi model cakap berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berbicara berbantuan media visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.

Herawati, Astawa, I. M. S., Suarta, I. N., & Astini, B. N. (2023). Pengembangan Kegiatan Kolase Biji-bijian Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2640

Husna, M., & Mayar, F. (2022). Strategi Guru dalam Pembelajaran Motorik Halus Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 9(1), 26.

Irma, Asniwati, Ratna Purwanti, C. C. (2023). Effectiveness of Teacher’s Learning Strategy for Children’s Motivation, Religious and Moral Value Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 1–8.

Kamelia, N. (2019). PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI (STANDAR TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK ) STPPA TERCAPAI di RA HARAPAN BANGSA MAGUWOHARJO CONDONG CATUR YOGYAKARTA. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 112. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064

Maharani, D., & Cinantya, C. (2024). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DALAM MENGONTROL GERAKAN TANGAN MENGGUNAKAN OTOT HALUS MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTIONS PADA KEGIATAN MOZAIK. In Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) (Vol. 1, Issue April).

Munawar, M. H., Suriansyah, A., & Purwanti, R. (2024). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN MODEL PANDIR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 351-378.

Nazaruddin, Ratna, Taufik Noor, Alwan Fawaz, Celia Cinantya, M. I. K. (2024). Implementation Model of Elementary School In Banjarmasin. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 54–63.

Niqo, H. &, & Wahyudi, M. D. (2016). MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK DALAM KEGIATAN MENGGUNTING MELALUI KOMBINASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MEDIA BAHAN BEKAS DI TK. 4(0), 1–23.

Nisa, H., & Jamain, R. R. (2022). Mengembangkan Motorik Halus Menggunakan Model Picture and Picture, Direct Instruction Dan Pemberian Tugas Pada Kelompok B3. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 8. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i2.5440

Norlatifah, Norlatifah & NovitaWati, N. (2022). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(8.5.2017), 2003–2005.

Nurhanifah Diana, Rachman Ali, A. A. R. (2024). STRATEGI EFEKTIF DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK MENCERITAKAN KEMBALI CERITA YANG DIDENGAR. JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 1–10.

Nurleni, S., & Anggreani, C. (2022). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Model Direct Instruction, Metode Role Playing Berbasis Cerita Daerah. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 1–7.

Nurmanal, D. A., Tripalupi, L. E. &, & Suharsono, N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.

Permendikbud Nomor 147. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Plutzer, M. B. B. and E. (2021). PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI BERBAGAI KEGIATAN. 6.

Purwanti, R., Aslamiah, A., & Suriansyah, A. (2024). The Leadership School Principal in the Implementation of Local Character Education. International Journal of Social Science and Human Research, 7(07), 4974–4981. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i07-44

Purwanti, R., Suriansyah, A., & Rahmiyani, I. (2024). THE CORRELATION OF WORK COMMITMENT, SCHOOL PRINCIPAL SUPERVISION AND TEACHER PERFORMANCE IN KINDERGARTENS IN LIANG ANGGANG DISTRICT. INTERNATIONAL JOURNAL EDUCATION, SCHOOL MANAGEMENT AND ADMINISTRATION, 1(1), 27-35.

Purwanti, R., Rizkieya, R., & Mujiyat, M. (2024). LEARNING MANAGEMENT IN THE DEVELOPMENT FINE MOTOR ASPECT AND CHILDREN’S INDEPENDENCE. E-CHIEF Journal, 4(2), 27-37.

Qomariah, N., & Cinantya, C. (2024). Mengembangkan Motivasi, Aktivitas, Dan Kognitif Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Model Pandai Pada Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 10. https://doi.org/10.20527/jikad.v4i1.11723

Qomariah Nur, Cinantya Celia, P. R. (2024). MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL HURUF HIJAIYAH. 4(1), 10–20.

Rahma, K., & Anggreani, C. (2024). Mengembangkan Kemampuan Sains Anak Menggunakan Model Pjbl Dan Media Loose Parts Pada Kelompok B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 21–30.

Rahma Kabila, Anggreani Chresty, R. P. (2024). INOVASI PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK. JURNAL TUGAS AKHIR MAHA ANAK PG PAUD Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(1), 21–30.

Ramadhani, Tasya Amelia, Purwanti, R. (2024). Learning Innovation in Introducing Number Symbol (English) for Children. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(1), 20–29.

Ramadina, N., & Cinantya, C. (2022). Mengembangkan Aktivitas Dan Motorik Halus Anak Kelompok a Dalam Membuat Garis Sesuai Pola Melalui Model Coklat Di Tk Aba 1 Pagatan. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 20. https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4696

Ratna Purwanti, Mujiyat, N. (2024). Community Empowerment Strategy for Local Character Education in Wetland Environment. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 10–15.

Rezkya, J. & F. (2024). MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS (MENGGUNTING) MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MEDIA GAMBAR PADA TK KELOMPOK B. 4(02), 7823–7830.

Rizka Amalia, Metroyadi, Akhmad Riandy Agusta, H. (2023). Classroom Management for Improving the Children Values. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 18–25.

Rooswita Santia Dewi, Aslamiah, Noorhapizah, N. (2024). QUALITY OF WORK LIFE AMONG LECTURERS WORKING IN MEDICAL. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 4(2), 47–60.

Rooswita Santia Dewi, Muhammad Arsyad, Hayatun Thaibah, S. N. (2024). Sharing Good Practices in the Implementation of the Independent Curriculum. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 64–70. http://search.jamas.or.jp/link/ui/2014143423

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Sitti Sarah, Darmiyati, M. (2023). Teacher’s Innovation in Improving Children’s Cognitive Aspect. E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 3(2), 9–17.

Sri Rahyu Illahi, H. Zulkifli N, F. (2017). Analyze of Independence of Children Age 5-6 Years In Early Childhood Education Bhakti Bunda Payung Sekaki District of Pekanbaru. 1–11.

Yenny Nurul Wulandari, Ratna Purwanti, Anita Ariani, K. N., & Fitrah Yuridka, Susanty, H. (2024). Teacher Professionalism Development Kindergarten In Banjarmasin. International Journal Education, School Management and Administration (IJESMAD), 1(2), 71–80.

Zulfida, Y., & Aslamiah, A. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MENGGUNAKAN MODEL DIRAUT PADA ANAK KELOMPOK B. International Journal of Technology, 47(1), 100950.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v4i3.13382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats