MENINGKATKAN ASPEK BAHASA DALAM MEMAHAMI CERITA MENGGUNAKAN MODEL STORY TELLING DAN ROLE PLAYING DENGAN MEDIA WAYANG KERTAS

Fatimah Fatimah, Mahmuddin Mahmuddin

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil perkembangan bahasa anak dalam memahami cerita dengan menyampaikan pesan tersirat didalam cerita. Hal ini terjadi karena menurun dan terbatasnya aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran serta karena kurangnya variasi model belajar guru yang monoton sehingga anak bosan dan tidak memiliki minat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak dalam memahami cerita. Subyek penelitian pada anak kelompok A TK Islam Bakti Banjarmasin berjumlah 10 anak. Indikator keberhasilan penelitian ini jika aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas anak memenuhi kriteria sebagian besar aktif, dan hasil perkembangan memenuhi kategori berkembang sangat baik. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru saat mengembangkan kemampuan bahasa dalam menggunakan model story telling dan role playing dengan media wayang kertas dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak mendapatkan kriteria berkembang sangat aktif, hasil perkembangan aspek bahasa anak di setiap pertemuan terjadi peningkatan berkembang sangat baik. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan masukan dalam memilih model dan media dalam meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak.

Kata Kunci: Story telling, role playing, wayang kertas, aspek perkembangan bahasa


Full Text:

PDF

References


Aqib, Arikunto, S dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Alfiana, R., & Kuntarto, E. (2020). Perkembangan bahasa pada anak usia dini. Repository Unja.

Cinantya, C., Suriansyah, A., & Asniwati, A. (2018). the Model of Religion-Based Character Education (Multi-Site Integrated Islamic Paud Sabilal Muhtadain and Paud Islam Mawaddah Banjarmasin, Indonesia). European journal of education studies

Depdiknas, USPN. (2004). Kurikulum Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Pendidikan Anak Usia Dini.

Dhineni, Nurbiana dkk. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance model (TAM) untuk menganalisis penerimaan terhadap sistem informasi di perpustakaanM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Iqra: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 9(1), 196942.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Gofindo Persada.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: RajaGrafindo Persada

Lestariningsih, M. D. (2021). Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).

Masitoh, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka. Marzuki, 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

McLaughlin, K., & Perdana, A. (2010). Conflict and Dispute Resolution in Indonesia. Indonesia Social Development Paper, 16.

Rusman ddk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Jakarta: PT. Raja Grafinda persada.

Sanjaya, R., & Sribhadung, P. (2006). Web 2.0 and Its Implementation to eLearning. Special Issue of the International Journal of the Computer, the Internet and Management (IJCIM), 14, 47-1.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT Indeks.

Suriansyah, A. (2011). Landasan pendidikan. Banjarmasin. Comdes

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT Rajagrafindo

Sudjana, Nana dan Ahmad rivei. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Susanto. Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Jakarta: Prenada Media.

Sudjiono, A., (2012). Statistik Untuk Penilaian.

Suriansyah, A., Aslamiah., Sulaiman. & Noorhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Purwanti, R. (2019). Pengenalan aspek bahasa (bahasa inggris) untuk anak usia dini melalui nyanyian. repo-dosen.ulm.ac.id

Putri, O. M. (2017). Mengembangkan Kemampuan Anak Usia Dini Dalam Memahami Perilaku Mulia (Jujur, Penolong) Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita, Metode Tanya Jawab Dan Model Examples Non Examples. In Prosiding Seminar Nasional PS2DMP (Vol. 1, No. 1). Program S2 dan S1 PAUD Universitas Lambung Mangkurat. ISSN 2549-998X

Yasmin dan Sanan. (2012). Panduan Pendidikan anak. Jakarta. Repartemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats