PENINGKATAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION, METODE BERCERITA DENGAN CERITA RAKYAT DI TK B
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap toleransi melalui kombinasi model direct instructioni, metode bercerita dengan cerita rakyat di kelompok B TK Melati Sungai Dalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK melalui empat tahapan yaitu menyusun rancangan tindakan, pengamatan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 anak. Penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan 3 kali pertemuan setiap siklusnya. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata hasil peningkatan sikap toleransi anak pada siklus 1 sebesar 66,66% dan pada siklus 2 sebesar 100%. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan sikap toleransi anak dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 33,33%. Dan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Direct Instruction, Metode Bercerita dengan Cerita Rakyat dapat meningkatkan sikap toleransi pada anak kelompok B di TK Melati Sungai Dalam. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemilihan model dalam meningkatkan sikap toleransi pada anak.
Kata Kunci: Sikap Toleransi, Model Direct Instruction, Metode Bercerita Dengan Cerita Rakyat.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta. Cosantami, Rinat. 2013.
Daud, M., Dian, N. S., & Novita, M. J. (2021). Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Hidayat, O. S. (2021). Pendidikan Karakter Anak Sesuai Pembelajaran Abad ke-21. Jawa Timur: UNJ Press.
K, E. D., & all, e. (2020). Moral Yang Mulai Hilang. Madiun: CV. Bayfa Cendikia Indonesia.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Ed. Rev. Jakarta: Rajawali Pers.
Magdalena, I., & al, e. (2021). Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jawa Barat: CV Jejak.
Munirah, & Muh, A. (2020). Wanita Muslimah dan Pendidikan Anak Usia Dini. Sumatra Barat: Balai Insan Cendikia Mandiri.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.
Permendikbud No. 145. 2014. Kurikulum 2013 paud. Jakarta
Rufansih. (2021). Sukses Supervisi Kelas. Sumatra Barat: Yayasan Pendidikan Cendikia Muslim.
Sujana, I Wayan Cong. 2019. Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar Volume. 4, Nomor 1 ISSN: 2527-5445
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Sujiono, Yuliani N dan Bambang Sujiono. (2012). Bermain Kreatif Berbasis KecerdasaniJamak. Jakarta: Indeks
Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media
Suriansyah, Ahmad & Aslamiah, (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Banjarmasin: Comdes
Suyanto, & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Yogyakarta: Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v1i2.4300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats