MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA (KEAKSARAAN) DALAM MENGHUBUNGKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN GAMBAR MELALUI MODEL KOMBINASI MAMPERGA PADA ANAK KELOMPOK B RA AL-IHSAN BANJARMASIN

Anisa Anisa, Faqihatuddiniyah Faqihatuddiniyah

Abstract


Abstrak

Pembelajaran yang kurang bervariasi, kurangnya media belajar, dan metode pengajaran guru yang terbatas pada metode ceramah dan pemberian tugas mengakibatkan rendahnya aspek bahasa (keaksaraan) anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan aktivitas anak dan hasil perkembangan aspek bahasa (keaksaraan) dalam menghubungkan tulisan sederhana dengan gambar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian 10 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan kelompok B RA Al-Ihsan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dalam bentuk tabel, grafik, dan interpretasi data menggunakan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai kriteria sangat baik, aktivitas anak mencapai kriteria sangat baik, dan hasil perkembangan kemampuan bahasa anak mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSH). Dapat disimpulkan, model kombinasi Mamperga (Make a Match, Picture and Picture dan Permainan Ular Naga) dapat meningkatkan kemampuan aspek bahasa (keaksaraan) anak usia dini. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam  pemilihan kombinasi model dalam mengembangkan kemampuan Bahasa anak usia dini

Kata Kunci: Bahasa, Keaksaraan, Model Make a Match, Picture and Picture.                                                                       

 

Abstract

Less varied learning, lack of learning media, and teacher teaching methods that are limited to the lecture method and giving assignments result in low aspects of language (literacy) for early childhood. The purpose of this study is to increase children's activities and the results of the development of language aspects (literacy) in connecting simple writing with pictures. This research was conducted with a qualitative approach and the type of Classroom Action Research. The research subjects were 10 children consisting of 6 boys and 4 girls group B RA Al-Ihsan. The research instrument used was an observation sheet. Descriptive qualitative data analysis in the form of tables, graphs, and data interpretation using percentages. The results showed that the teacher's activities reached the very good criteria, the children's activities reached the very good criteria, and the results of the development of children's language skills reached the Very Good Developing criteria (BSH). It can be concluded, the Mamperga combination model (Make a Match, Picture and Picture and Dragon Snake Game) can improve the ability of early childhood language (literacy) aspects. It is hoped that the results of this study can be used as an alternative in choosing a combination of models in developing early childhood language skills.

Keywords: Language, Literacy, Make a Match Model, Picture and Picture Model



Full Text:

PDF

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Dhieni, Nurbiana dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2009). Tingkat Pencapaian Perkembangan. Jakarta: Depdikbud.

Dini, J. P. A. U. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fansury, A. H., & Januarty, R. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture dengan Media Games Android dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Siswa Kelas VII SMPN 35 Makassar. FKIP Unismuh Makassar: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JIKP), 4(1).

Fatimah, F., & Mahmuddin, M. (2021). Meningkatkan Aspek Bahasa Dalam Memahami Cerita Menggunakan Model Story Telling Dan Role Playing Dengan Media Wayang Kertas. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 1-12.

Hartanto, F., Selina, H., Zuhriah, H., & Fitra, S. (2016). Pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif anak usia 1-3 tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386-90.

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12.

Kusumawati, K. D., Jampel, I. N., & Parmiti, D. P. (2014). Penerapan Picture and Picture dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Malini, N. K. S., & Suarni, N. K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture melalui Media gambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Mertadi, G. A. M., Pudjawan, K., & Raga, G. (2014). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Buana Sutha Nugraha Selemadeg. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).

Milana, H. (2021). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Story Telling, Model Talking Stick Dan Model Picture And Picture Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD (JIKAD), 1(1), 8-12.

Novitawati, N. (2021). Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Melalui Kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka Dan Media Papan Flanel Pada Anak Usia Dini. Jurnal Tugas Akhir Mahasiswa PG PAUD (JIKAD), 1(1), 25-30.

Parwati, N. N., Parmiti, D. P., & Jampel, I. N. (2013). Penerapan pembelajaran picture and picture berbantuan media kartu angka bergambar dapat meningkatkan perkembangan kognitif. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanti, R. (2021). Song And Motion As Method In Introducing Vocabulary In English (Number And Colour) At Early Childhood. JOALL (Journal of Applied Linguistics and Literature), 6(1), 1-10.

Rahmasari, S. A., Rintayati, P., & Wahyuningsih, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Anak Kelompok A Di Tk Angkasa Lanud Adi Soemarmo. Kumara Cendekia, 7(3), 314-323.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar - Ruzz Media.

Sujiono, Yuliani Nuraini dan Bambang Sujiono. (2010). Bermain Kreatif. Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks

Suriansyah dan Aslamiah (2011). Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: Comdes.

Susilawati, N. L., Suadnyana, I. N., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and picture Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B di TK Gugus IX Kecamatan Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 84-94.

Swastyastu, L. T. J. (2020). Manfaat media pembelajaran dalam pemerolehan bahasa kedua anak usia dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 52-59.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Tutupary, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok Bermain. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 1(2).

Wahidah, A. F. N. M., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 4(1), 43-62.

Wulandari, N. M. D., Manuaba, I. B. S., & Wiyasa, I. K. N. (2016). Penerapan Model Picture And Picture Berbantuan Papan Flannel Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B2. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i1.4698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats