MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE PEMBERIAN TUGAS DAN MEDIA BAHAN ALAM

Indah Indah, Ratna Purwanti

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kreativitas anak,yang dimana kegiatan melukis anak masih terpaku pada contoh yang guru berikan, anak juga kurang berinisiatif dalam berkreasi dan anak belum dapat menghasilkan sebuah karya yang baru. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan monoton dan prasarana yang kurang memadai sehingga anak kurang mampu mengekspresikan kreativitas dirinya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan dalam meningkatkan kreativitas anak menggunakan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas dan Media Bahan Alam melalui kegiatan Melukis Teknik Airbrush Kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi, dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok B TK Penerus Bangsa PGRI Banjarmasin yang berjumlah 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan Model Explicit Instruction, Metode Pemberian Tugas Dan Media Bahan Alam Melalui Kegiatan Melukis Teknik Airbrush dapat meningkatkan aktivitas guru pada pertemuan ke-3 memperoleh skor 38 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan ke-3 memperoleh nilai 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Pada hasil capaian perkembangan kreativitas anak pada pertemuan ke-3 ada 10 orang anak atau 100% dapat dikatakan telah berhasil berkembang dengan kriteria Berkembang Sangat Baik.

Kata kunci: Kreativitas, Model Explicit Instruktion, Metode Pemberian tugas, Media

bahan Alam, Melukis, Teknik Airbrush


Keywords


Kreativitas, Model Explicit Instruktion, Metode Pemberian tugas, Media bahan Alam, Melukis, Teknik Airbrush

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono, and Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ariyanti, Tatik. 2016. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak.” Dinamika Pendidikan Dasar 8(1):58.

Debeturu, Balandina, and Lanny Wijayaningsih. 2019. “Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Magic Puffer Ball.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):233–40. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.180.

Elvida. 2012. “Peningkatan Kreativitas Anak Dengan Menggunakan Bahan Sisa Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Duri.” Pesona PAUD 1(1).

Fatimah, Merida, Aslamiah, and Ratna Purwanti. 2021. “Mengembangkan Aktivitas Belajar, Kreativitas Dan Aspek Motorik Halus Anak Menggunakan Model Explicit Instruvtion, Permainan Puzzle Dan Kegiatan Melipat Pada Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 43 Banjarmasin.” Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) 1(2):34–41.

Fauziddin, Moh. 2018. “L of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Usefu 2(2):162–69. doi: 10.31004/obsesi.v2i2.76.

Feni. 2014. Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: PT Refika Aditama.

Gunarti, W., L. Suryani, and A. Muis. 2015. Metode Pengembangan Prilaku Dan Kemampuan. Banten: UT.

Handayani, Endang Sri, Intan Prastihastari Wijaya, and Anik Lestariningrum. 2021. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Memanfaatkan Bahan Bekas.” PERNIK Jurnal 4(2):103.

Hidayat, Heri, Putri Zakiyyah F, and Shifa Maulidya H. 2021. “Meningkatkan Sikap Estetis Anak Melalui Kegiatan Melukis Dengan TEknik Airbrush Di KB-TK Labschool Jakarta.” Jurnal Edukasi AUD 7(1):19–25. doi: 10.18592/jea.v7i1.4245.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kosilah, and Septian. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1(6).

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Martinis. 2017. “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Melukis Menggunakan Sikat Gigi Taman Kanak-Kanak Padang.” Jurnal Pesona PAUD 1(1):1–11.

Mayesky. 2019. Aktivitas-Aktivitas Seni Kreatif Melukis. Jakarta: PT Indeks.

Mursid. 2015. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngadimun, Ratna Purwanti, Ahmad Suriansyah, and Maimunah. 2019. “Empowerment of ‘english Club’ to Influence Students Achievement in Speaking.” International Journal of Innovation, Creativity and Change 5(5):204–16.

Nurkholis. 2013. “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.” Jurnal Kependidikan 1(1):24–44.

Nurlin, Sri Yuliani M, and Harlin Yusuf. 2018. “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis.” Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO 1(3):214.

Nurwita, S. 2020. “Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Menggunakan Media Smart Hafiz Di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang.” Early Child Research and Practice 1(1):34–37.

Oktari, Vanni Miza. 2017. “Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak Kartika I-63 Padang.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):49–57.

Pendidikan, Menteri, D. A. N. Kebudayaan, and Republik Indonesia. 2014. “BERITA NEGARA.” (1668).

Priyanto, Aris. 2014. “Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.” Jurnal Ilmiah Guru “COPE” (02).

Putu, Ni, Eka Tirtayati, Ni Ketut Suarni, and Mutiara Magta. 2014. “Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar Bebas.” E-Juournal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganseha 2(1).

Ratnasari, Yulia Triana. 2019. “PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN.” Jurnal Universitas Malang 1(1):235–39.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suriansyah, Ahmad, Aslamiah, Sulaiman, and Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. Banjarmasin: PT Raja Grafindo Persada.

Suroto. 2015. “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN TRAINER PLC UNTUK MENINGKATKAN Prestasi Belajar Merakit Sistem PLC.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22(3):316–23.

Ulfah, F. 2015. Managemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i3.6999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats