MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRU GERAKAN SHALAT MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN HABIT FORMING
Abstract
Penelitian yang dilaksanakan pada kelompok B TK Bawang Putih Kab. Barito Kuala di latarbelakangi oleh rendahnya perkembangan nilai agama dan moral terkhusus dalam menirukan gerakan shalat dan mengurutkkan gerakan dalam sholat. Kurangnya fokus dan keaktifan anak dalam memperhatikan pembelajaran tentang kegiatan menirukan gerakan shalat serta pendidik yang hanya memperlihatkan gambar urutan shalat pada pembelajaran aspek nilai agama dan moral merupakan penyebab dari permasalahan yang dihadapi anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah aktivitas guru, mendeskripsikan langkah aktivitas anak, dan menganalisis keberhasilan perkembangan Nilai Agama dan Moral anak. Pendekatan yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus atau 4 kali pertemuan. Dari hasil penelitian terlihat dari pertemuan 1 sampai 4 aktivitas guru dengan kriteria sangat baik mengalami peningkatkan dari 61% sampai 100%. Aktivitas anak dari pertemuan 1 sampai 4 dengan kriteria sangat aktif mengalami peningkatkan dari 37.5% sampai 87.5%. Sedangkan capaian Hasil perkembangan nilai agama dan moral pada pertemuan 1 mencapai kriteria 25% meningkat pada pertemuan 4 mencapai kriteria 87,5%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model Explicit Instrution dan Habit forming pada kelompok B TK Bawang Putih Kab. Barito Kuala dalam penelitian ini dapat diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, A. S., & Lapenia, P. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFATNYA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SEMBAWA. JURNAL LENSA PENDAS, 4(1). https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=AkNdeckAAAAJ&citation_for_view=AkNdeckAAAAJ:2osOgNQ5qMEC
Asniwati, & Mayasari. (2018). Efforts to Develop Social-Emotional Aspects in Showing Tolerance Using a Combination of Explicit Instruction Model and Cooperative Learning with Playing Method in Early Childhood Education Student’s. Journal of K6, Education, and Management, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.11594/jk6em.01.01.01
Darmiyati. (2020). PENILAIAN UNJUK KERJA DALAM PENGEMBANGAN AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI. 10, 74–85. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/download/8532/6224
Darmiyati, Hananik, I., & Faqihatuddiniyah. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN AUTENTIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BARITO. Seminar Nasional Kolaborasi, 26(1), 259–268. https://conference.ulm.ac.id/index.php/sndikdas/PS2DMP/paper/download/134/28
Darmiyati, & Hasanah, R. N. (2018). Penerapan Model Explicit Instruction Dikombinasikan Dengan Model Probing Prompting Dan Media Realita Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Vidya Karya, 32(2), 139. https://doi.org/10.20527/jvk.v32i2.5231
Fatimah, M., Aslamiah, & Purwanti, R. (2021). MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, KREATIVITAS DAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, PERMAINAN PUZZLE DAN KEGIATAN MELIPAT PADA KELOMPOK A TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 43 BANJARMASIN. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 1(2), 6. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4298/3362
Hamriani. (2019). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DALAM MENIRU GERAKAN WUDHU DENGAN URUTAN YANG BENAR MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI PEMBINA PELAIHAR. http://digilib.ulm.ac.id/archive//digital/catalogue.php?=
Hidayat, O. S. (2018). Materi Pokok Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Q_ZwF78AAAAJ&citation_for_view=Q_ZwF78AAAAJ:Zph67rFs4hoC
Iriyani, W. (2019). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL MENIRU GERAKAN BERIBADAH (BERWUDHU) DENGAN URUTAN YANG BENAR MELALUI KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK – KANAK ANGGR. http://digilib.ulm.ac.id/archive//digital/catalogue.php?=
M., I. (2018). PENDIDIKAN ISLAM Sejarah , Peran dan Kontribusi dalam Sistem Pendidikan Nasional. AURA (CV. Anugrah Utama Raharja).
Metroyadi, & Mardhiah, A. (2018). Efforts to Develop Children Fine Motor Skills Through Sticking Picture Properly by Using Combination of Explicit Instruction Model and Assignment Media Utilizing Natural Materials. Journal of K6, Education, and Management, 1(2), 25–30. https://doi.org/10.11594/jk6em.01.02.05
Mujiati, Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher ’ s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6, Education, and Management (J-K6EM), 2(2), 126–132.
Norlatifah, & Novitawati. (2022). MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS MENEMPEL MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, METODE DRILL DAN TEKNIK MOZAIK KELOMPOK B. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(2), 50–58. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/5450/3832
Prastika, Y., & Wahyudi, M. D. (2015). UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK KASAR ANAK TK KELOMPOK B MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTIONDIVARIASIKAN DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL. Jurnal Paradigma, 10(2). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2849/2481
Rahmawati, & Sari, N. P. (2022). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION , EXAMPLES NON EXAMPLES. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(1), 1–9. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jikad/article/view/4694/3406
Shoimin, A. (2014). 68 model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. http://103.124.71.131/inlislite3/opac/detail-opac?id=53386%0Ahttp://103.124.71.131/inlislite3/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/NUTTI0306201600001.bmp
Sudarna. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Genius Publisher. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1148414
Supriyadi. (2015). Strategi belajar mengajar. Cakrawala Ilmu. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1176636
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ), THINK PAIR AND SHARE ( TPS ) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DI KELAS VB SDN TELUK TIRAM 1 BANJARMASIN Ahmad Suriansyah , Ri. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 27–36. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/797/514
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. (2014). STRATEGI PEMBELAJARAN. Raja Grafindo. http://eprints.ulm.ac.id/870/1/Buku
DOI: https://doi.org/10.20527/jikad.v2i3.7003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats